cover
Contact Name
Canggih Ajika Pamungkas, M.Kom
Contact Email
informa@poltekindonusa.ac.id
Phone
+62271 - 743479
Journal Mail Official
informa@poltekindonusa.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Samanhudi No 31 Mangkuyudan Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
ISSN : 24427942     EISSN : 27165051     DOI : https://doi.org/10.46808/informa
Core Subject : Science,
Jurnal INFORMA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Komputer dan Informatika bersifat terbuka yang memuat tulisan hasil penelitian. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember
Articles 180 Documents
ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN BATIK DI KAMPOENG BATIK LAWEYAN SURAKARTA Anista Yulia Ratnawati; Edy Susena
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.579 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.2

Abstract

Kampoeng Batik Laweyan adalah salah satu kawasan budaya di Indonesia yang kaya potensi budaya dan sejarah yang telah diwarisi sejak nenek moyang. Salah satu warisan yang tak ternilai yang dimiliki di kampoeng batik laweyan adalah seni batik yang masuk dalam warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage). Seni batik solo yang menjadi daya tarik utama ini diperkaya dengan situs-situs bersejarah seperti makam dan mesjid bersejarah serta situs lainnya.Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah: (1). Menganalisis manajemen pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha batik di Kampung Batik Laweyan Surakarta, (2). Untuk mengetahui manajemen pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha batik di Kampung Laweyan Surakarta, (3). Untuk menemukan manajemen pemasaran baru sehingga dapat lebih meningkatkan penjualan batik di Kampung Batik Laweyan Surakarta, (4). Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pemerintah untuk mendorong pemerintah daerah untuk mendukung dalam pelestarian batik.Hasil penelitian adalah: (1). Penelitian yang direncanakan oleh peneliti sudah berhasil dilaksanakan dengan baik di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta, (2). Hasil pengolahan data menunjukan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh para pengrajin batik Kampoeng Laweyan Surakarta masih menggunakan cara tradisional sebnayak 17%, sedangkan manajemen pemasaran yang dilakukan oleh para pengrajin batik dengan mengunakan TIK (website) sebanyak 83%, (3). Berdasarkan analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa metode pemasaran manajemen pemasaran yang menggunakan teknologi internet (website) dapat diterapkan oleh para pengrajin batik di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta.
AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA (Studi Kasus: Politeknik Indonusa Surakarta) Dwi Iskandar; Kusrini .; M Rudyanto Arief
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.181 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.5

Abstract

Their IT governance in higher education can provide one support to determine the benefits and risks that would be obtained. Audit of information technology governance in Politeknik Indonusa Surakarta conducted to assess, ascertain, find out what the cause and provide recommendations on the application of information technology in polytechnics indonusa Surakarta. To evaluate an information technology must use a tool such as the framework and framework used is COBIT 5, because the problem is also related to the management area contained in the framework.In this research for problem resolution will refer to the Standard Framework COBIT 5 with Of Enterprise IT Management of area and more focused on domain MEA (Monitor, Evaluate and Assess) on the control objective is MEA01 - Monitor, Evaluate, and Assess Performance and Conformance. Scope of IT governance is SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), SIMANTA (Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir).The study provides, among others, the level of ability (Capability Level) the application of information technology today, obstacles in the implementation of IT, as well as provide recommendations can be given with regard to the use of IT.
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA Edy Susena
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.716 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.6

Abstract

Tanpa memiliki Teknologi Informasi yang cukup memadai, sulit bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya. Oleh karena itu perlu dilakukannya suatu investasi Teknologi Informasi untuk memperbaiki efektifitas kerja. Dalam hal ini, teknologi informasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi erguruan tinggi untuk bertahan dan meraih keunggulan kompetitif. Namun sisi lain ada beberapa hal yang menjadi kendala yaitu investasi teknologi informasi membutuhkan biaya yang relatif besar. Kondisi ini membutuhkan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan teknologi informasi. Selain itu juga membutuhkan tata kelola yang baik agar memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal bagi suatu organsiasi.Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah: Untuk menghasilkan perencanaan strategis sistem informasi manajemen di Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Politeknik Indonusa Surakarta sehingga akan meningkatkan pelayanan dan kinerja di unit ini. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah action research (penelitian tindakan) dengan metode Analisis Ward and Peppard. Pengumpulan data menggunakan: metode observasi, metode wawancara, metode kuisioner, metode studi pustaka. Luaran dari Penelitian ini adalah : Publikasi ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal ber-ISSN.Penelitian ini menghasilkan Rencana Strategis Sistem Informasi Manajemen di Unit Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPPM) Politeknik Indonusa Surakarta. Adapun road map yang akan direncanakan dalam waktu 3 tahun ke depan adalah: (1). Pengembangan Website, (2). Pengembangan biodata dan riwayat penelitian dan pengabdian secara online, (3). Pengelolaan jurnal secara online (Online Jurnal System), (4). Penerimaan Proposal Secara Online.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RELOKASI WARGA TERDAMPAK BENCANA MERAPI Akhmad Fauzan Nur Ubaidillah
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.354 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah prototype sistem pendukung keputusan relokasi warga terdampak bencana Merapi yang akan memberikan pengambil keputusan rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan dan mempercepat proses dalam mengambil keputusan penentuan tempat relokasi warga terdampak Merapi. Beberapa kriteria yang akan digunakan antara lain sebagai berikut : (a) aman dari dampak langsung erupsi Gunung Merapi (diluar KRB III); (b) aman dari resiko aliran lahar(kedekatan dengan sungai aliran lahar dingin maupun panas); (c) Dekat dari daerah asal (d) dapat mengangkat potensi daerah; (e) tersedianya air baku; (f) tersedianya jaringan prasarana; (g) kedekatan akses ke sarana pemerintahan; (h) Kapasitas lahan atau tersedianya luasan lahan minimal untuk perumahan. Penelitian ini akan menggunakan metode AHP (analytical hierarchy process) dan TOPSIS (technique for order preference by similarity to ideal solution). Metode AHP digunakan untuk melakukan pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan yang akan menghasilkan bobot kriteria. Kemudian bobot kriteria dari proses AHP akan digunakan sebagai input bobot kriteria dalam metode TOPSIS untuk melakukan perangkingan untuk menentukan alternatifkeputusan.Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan alternatie keputusan kepada pengambil keputusan relokasi warga terdampak Merapi.
IMPLEMENTASI JARINGAN ENTERPRISE UNTUK MENINGKATKAN AVAILABILITY JARINGAN (Study Kasus di SMK N 2 Yogyakarta) Haryanto .
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.179 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.8

Abstract

The enterprise network is a small, medium, or large-scale network in which there is a system built to meet the needs of internal users in accessing intranet, extranet, and remote systems applications. Network availability can be improved by applying redundant networks and hierarchical networks. Redundant links function as fault tolerant when there are links or networking devices that do not work. The purpose of this research is to replace the topology tree network with enterprise network. Implementation of enterprise network in SMK N 2 Yogyakarta is designed in accordance with the needs of school networks. Enterprise networks implement VLAN and RSTP (Rapid Spanning Tree Protocol). The network is implemented by adding core layer and distribution layer while the access layer is fixed. At core layer and distribution layer apply redundant link by using Rapid Spanning Tree Protocol. From the results of implementation and testing proved that network availability increased by applying redundant links.
PROTOTYPE M-TICKETING BIOSKOP Intan Oktaviani
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.537 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.9

Abstract

Keberadaan salah satu teknologi informasi yaitu smartphone dengan perkembangan inovasi telah mempermudah kegiatan manusia. Proses jual beli yang dulu nya dilakukan secara fisik mulai bergeser ke elektronik, karena transaksi elektronik secara relatif dapat dilakukan secara efisien dan efektif. Teknologi informasi Smartphone seperti Android memang sudah tidak asing bagi setiap elemen masyarakat seperti sekarang ini. Hadir nya teknologi informasi dengan berbagai macam inovasi telah mempermudah kegiatan manusi. Prototype Mobile Ticketing (M-Ticketing) Bioskop bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada user atau pengguna dalam melakukan pemesanan tiket dan tempat duduk bioskop, serta informasi flim, sehingga mengurangi jumlah antrian pada loket pembelian tiket. Pada tahap awal pengumpulan data yaitu dengan melakukan interview dan pembagian kuisioner kepada para responden yang terlibat sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan user yang sesuai. Aplikasi M-Ticketing ini juga dilengkapi dengan fitur penilaian kepuasan pelanggan, sehingga membantu dalam pengembangan dan perbaikan aplikasi. Dari hasil evaluasi menggunakan metode black box dan pengisian kuisoner oleh pengguna, maka didapatkan kesimpulan bahwa sebaiknya user bisa secara langsung melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi sehingga proses transaksi dari pemesanan sampai pembayaran bisa terselesaikan dalam satu waktu dan menambahan QR pada hasil cetakan tiket yang telah diakses melalui aplikasi M-Ticketing.
ANALISIS SISTEM PROMOSI BUDAYA DI KABUPATEN PACITAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USABILITY Nurul Hidayati
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.986 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.11

Abstract

Kabupaten Pacitan adalah sebuah daerah yang terletak dipesisir timur pantai selatan, karena letaknya yang berada diujung pulau jawa diperlukan sebuah sarana promosi untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya didaerah tersebut, dalam hal ini kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga untuk mempromosikan Potensi wisata dan budaya dengan menggunakan system berbasis web yang dikenal dengan nama url www.pacitantourism.net. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan system promosi budaya penerimaan dan penggunanan sistem promosi budaya berbasis web dikabupaten Pacitan menggunakan metode usability dengan lima komponen yaitu learnability, efisiency, memorability, error dan satisfaction. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode SEM sebagai metode analisis data dengan dibantu menggunakan PLS, penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi berupa informasi faktor-faktor Usability apa yang mempengaruhi penerimaan system promosi budaya dikabupaten pacitan. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan akan memberikan masukan dalam proses pengembangan system promosi budaya berbasis web dikabupaten pacitan menggunakan metode usability.
ANALISIS JBCLASS MENGGUNAKAN TEN PEDAGOGIC PRINCIPLES FOR E-LEARNING DAN E-LEARNING MATURITY MODEL Priyo Harjiyono
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.721 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.12

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk menganalisis tingkat kematangan e-learning JBClass menggunakan e-Learning Maturity Model dan Ten Pedagogic Principles for e-Learning. Penelitian dilakukan terhadap 14 dari 35 process area dalam eMM yang mendukung Ten Pedagogic. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kematangan tertinggi berada pada process area L9 dengan nilai 2,8 dan terendah di process area D4 yaitu 1. Secara general tingkat kematangan e-learning JBClass berada pada dimensi planned. Peningkatan kematangan JBClass dapat dilakkan dengan memperkuat engagement, memberi dukungan pada diverse learning style dan integrasi feedback dari user ke pengembang.
EVALUASI SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT UNTUK MENGETAHUI MINAT PENGGUNA DENGAN METODE UTAUT (Studi Kasus: RS. Jati Husada Karanganyar) Rohmadi .
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2017): Juni
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.748 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i1.13

Abstract

Use of information technology is essential for the organization, because it can increase the effectiveness and efficiency of organizational performance. But the application of information technology is not always successful. One of the critical success factors of the application of information technology is the attitude of the users who use the technology, user attitude reflected the extent of interest in using the information system. This study aims to know the influence of performance expectancy, effort expectancy, social influence and facilitating conditions to the intentions of the user (behavioral intention). The model is a combination of eight models UTAUT user acceptance of technology that had been developed previously. Four constructs of UTAUT used as the determinant affecting the intentions of the user (behavioral intention). The fourth construct is moderated by variables of age and experience. Data obtained through 45 questionnaires distributed to a user purposive sampling hospital information system Jati Husada Karanganyar. The analysis showed that the only effort expectancy with strong ties to the behavioral intention, in others is quite strong. Moderation showed no effect on intention behavioral
EVALUASI PENGUKURAN TINGKAT KEMAMPUAN DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus: Politeknik Indonusa Surakarta) Dwi Iskandar
Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2017): Desember
Publisher : Politeknik Indonusa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.648 KB) | DOI: 10.46808/informa.v3i2.15

Abstract

Politeknik Indonusa Surakarta telah mengimplementasikan TI pada SIM Penjaminan Mutu. SIM Penjaminan Mutu bisa membantu dalam proses membantu memberikan penilaian terhadap borang akreditasi program studi maupun borang akreditasi perguruan tinggi. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penilaian terhadap tingkat kemampuan dalam penerapan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey research, pengumpulan data berdasarkan data primer dan sekunder. Framewok yang digunakan adalah COBIT 5 pada domain MEA01.01 Establish a monitoring approach, MEA01.02 Set performance and coformance targets, MEA01.03 Collect and process performance and conformance data. Hasil pengolahan data dari responden menunjukan proses MEA01.01, MEA01.02 dan MEA01.03 dengan nilai rata-rata 2.55,tingkat kematangan pada proses MEA01.01 berada pada level 2 dengan nilai 2.40, tingkat kematangan pada proses MEA01.02 berada pada level 3 dengan nilai 2.74, tingkat kematangan pada proses MEA01.01 berada pada level 3 dengan nilai 2.51.

Page 1 of 18 | Total Record : 180