Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri 2 JABUNG Lampung Timur dengan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 JABUNG Lampung Timur, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi menulis surat resmi dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis surat resmi. Hal tersebut dapat dilihat dari data nilai pada setiap siklus yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat resmi. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I sampai siklus II. Persentase jumlah siswa yang tuntas pada saat prasiklus adalah 8 siswa atau 26,6%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 17 siswa atau 56,6% dengan nilai rata-rata 69,4. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa atau 96,7% dengan nilai rata-rata 76,8.
Copyrights © 2020