Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 2, No 2: JUNI 2019

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Untuk Siswa Kelas I SD

Sukron Fujiaturrahman (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Haifaturrahmah Haifaturrahmah (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi peserta didik yang mengalami kelambatan dalam membaca permulaan di kelas I SDN Bagek Kerongkong. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode-metode konvensional dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa kelas I SDN Bagek Kerongkong Kecamatan Praya Timur Kab. Lombok Tengah dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan akhir siklus 1, dari 20 orang peserta didik kelas I mencapai 69,6 % kemudian pada akhir siklus ke-2, diperoleh nilai mencapai 79,7 %. Penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas I SDN Bagek Kerongkong Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2018/2019.Abstract: This research is backed by the condition of learners who are experiencing slowness in reading the beginning in class I SDN Bagek Kerongkong. This is because teachers use only conventional methods and do not use the media in learning. The method used in this study is class action research. Research is conducted in two cycles, one cycle consists of learning planning, learning process, observation and reflection activities. Researchers took a study subject of grade I students at SDN Bagek Kerongkong Praya Timur District. Central Lombok with a total of 20 students. The results showed that in the execution of the end of Cycle 1, of the 20 students of class I reached 69.6% later at the end of the 2nd cycle, obtained a value reaching 79.7%. This research has proved that the use of Word card media can increase the ability to read the beginning of learners in class I SDN Bagek Kerongkong District Praya East Lombok District, school year 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...