Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 3, No 2: Juni 2020

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SAMAWA BERBENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

Dina Fadilah (Universitas Hamzanwadi)
Rohini Rohini (Universitas Hamzanwadi)
Sumiati Sumiati (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal samawa berbentuk multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh skor 93 dan rata-rata skor 57 dengan kriteria “sangat baik”, penilaian ahli media mendapatkan skor 64 dan rata-rata 42 dengan kriteria “sangat baik”, uji lapangan dengan 29 siswa kelas 5 SDN Tuananga terhadap minat belajar siswa mendapatkan skor 75 dan rata-rata 45 dengan kriteria “sangat baik” serta hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 80,34 dengan ketuntasan klasikal 100% tuntas. Sehingga bahan ajar ini dikatakan layak digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...