Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 3, No 2: Juni 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI GAYA BAGI SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model CTL. Rancangan penelitian menggunakan rancangan PTK. Populasi berjumlah 74 dan sampel yang diperoleh sebanyak 26 orang, dengan cara pengambilan sampel random sampling. Data dikumpul menggunakan cara tes, observasi, dan wawancara. Analisa data menggunakan teknik data kuantitatif.  Temuan pada putaran 1 mencapai 38,46% dengan rata-rata angka 61,92, dan perolehan aktivitas guru hanya memperoleh 63,23% dan aktivitas siswa 59,61. Persentasi ketuntasan belajar pada putaran 2 yaitu 92% dan ketidaktuntasan belajar 8%, dengan hasil pengamatan guru 98,52% serta aktivitas siswa 98,07%. Maka disimpulkan dengan pemberian model CTL sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya sudah berhasil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...