Jurnal Marketing
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Marketing

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Hariman Syaleh (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dengan model skala likert kemudian diuji ke validan dan kehandalan dari kuisioner tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode Binery logistik dengan menggunakan program SPSS 20.00. Tujuan dari Binery logistik untuk melihat keterkaitan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah a). Bukti fisik (X1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. b). Kehandalan (X2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. c). Daya tanggap (X3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat d.) Jaminan (X4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. e). Empati (X5) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Marketing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Marketing STIE Perbankan Indonesia menerbitkan artikel-artikel di bidang manajemen, seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, kewirausahaan dan studi terkait lainnya. Para editor menerima artikel paling lambat sebulan sebelum jadwal terbit . Penulis ...