Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Vol 4, No 6 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN APE

Hestaliana R, Ari (Unknown)
Sari, Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di salah satu STKIP Banda Aceh, ditemukan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa belum memadai. Proses penyelesaian masalah yamg diselesaikan oleh Mahasiswa masih salah atau keliru. Bahkan ada mahasiswa yang belum mampu menyelesaikan soal yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model Jigsaw berbantuan APE. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui model Jigsaw berbantuan APE di STKIP An-Nur. Desain penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP An-Nur, selanjutnya sampel dalam penelitian adalah mahasiswa semester IV STKIP An-Nur. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematis. Analisis data menggunakan nonpooled t-test. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui model Jigsaw berbantuan APE lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui model Jigsaw berbantuan APE berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Jigsaw, APE

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu ...