cover
Contact Name
Musnizar Safari
Contact Email
musni167@gmail.com
Phone
+626517555156
Journal Mail Official
stkipannurnad@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP An-Nur Lamgugob Banda Aceh, 25115
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
ISSN : 25489970     EISSN : 27235173     DOI : -
Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu kependidikan.
Articles 67 Documents
BERMAIN SEBAGAI BELAJAR DALAM MEMBANTU PROSES PERKEMBANGAN ANAK Safari, Musnizar
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidian Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.235 KB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bermain sebagai bagian dari cara belajar yang dapat membantu anak dalam proses perkembangan dan pertumbuhan mereka yang dibutuhkan anak untuk kelangsungan hidup mereka di masa mendatang. Ada lima unsur dalam suatu kegiatan yang disebut bermain, yaitu (1) Tujuan bermain adalah permainan itu sendiri dan si pelaku mendapat kepuasan karena melakukannya tanpa target; (2) Dipilih secara bebas, permainan dipilih sendiri, dilakukan atas kehendak sendiri atau tidak ada yang menyuruh ataupun memaksa; (3) Menyenangkan dan dinikmati; (4) Ada unsur khayalan dalam kegiatannya; dan (5) Dilakukan secara aktif dan sadar. Pola bermain pada anak bervariasi bergantung pada usia dan karakter pertumbuhan fisik dan psikisnya, sehingga kegiatan bermain ada yang bersifat aktif dan bersifat pasif. Pola ini mempengaruhi cara bermain anak, yaitu ada anak yang bermain dengan alat permainan dan ada yang bermain tanpa alat permainan atau hanya menggunakan kemampuan dan keterampilan fisiknya saja. Beberapa manfaat yang didapat anak dari bermain yaitu dapat memperkuat dan mengembangkan otot dan koordinasinya melalui gerak, dapat mengembangkan keterampilan emosi dan sosialnya, dapat mengembangkan kemampuan intelektualnya, dan dapat mengembangkan kepribadiannya. Orang tua berkewajiban menyeleksi permainan yang aman dan sehat, mendampingi dan mengawasi permainan mereka dan membimbing aktivitas bermain sebagai bagian dari belajar sehingga anak dapat berkembang dengan baik. Kata Kunci: bermain, belajar dan perkembangan.
STRATEGI DAKWAH AGAMA UNTUK ORANG TUA (STUDI KASUS DI RUMOH GEUNASEH SAYANG JROH NAGUNA BANDA ACEH) Abdullah, Supiati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.04 KB)

Abstract

Makalah ini menginformasikan pentingnya nasehat keagamaan yang benar kepada warga lanjut usia di Rumoh Geunaseh Sayang Jroh Naguna Banda Aceh. Strategi yang tepat dalam membimbing lansia sangat penting untuk diinformasikan untuk memperluas audiensi mulai dari akademisi, komunitas, manajemen rumah lansia, dan pekerja medis sebagai individu yang selalu bekerja dengan lansia ini. Makalah ini telah membahas pendekatan dan strategi pengajarannya bagi para lansia, seperti memahami sifat lansia dengan perubahan mereka baik secara fisik maupun mental, manfaat informasi lansia, manfaat strategi pengajaran dan panduan lansia ini, agama khas yang baik mengajar untuk manula, manula psikiatrik, pendidikan strategis mereka yang bermasalah, dan terbaik. Oleh karena itu, strategi keagamaan ini akan berhasil disampaikan ketika dilakukan dengan sopan, menghormati orang tua dengan perhatian dan cinta. Kata kunci: Panduan Agama, Strategi Panduan, Warga Lanjut Usia
PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA ISLAMI 'Ayuna, Qurrata; Fitriani, Fitriani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.269 KB)

Abstract

ABSTRAK  Dari hasil berbagai studi menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil anak didik yang berkarakter, hal ini dapat terlihat dari anak yang kurang tanggung jawab, disiplin, kreatif dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa di RA An-Nur Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya Tahun Ajaran 2013/2014 melalui cerita islami. Subjek  penelitian adalah siswa kelas A RA AN-NUR Kecamatan Trienggadeng kabupaten Pidie Jaya dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 13  siswa laki-laki dan 17  siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimulai tanggal 2 januari sampai16 januari 2014. Data penelitian diperoleh dari lembaran observasi. Temuan penelitian menunjukkkan bahwa penggunaan cerita islami dapat meningkatkan karakter siswa. Peningkatan karakter tersebut terlihat pada siklus 1 berkategori tidak pernah menjadi berkategori sangat sering disiklus 2. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita islami dapat meningkatkan karakter siswa di RA An-Nur Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Kata kunci: Pendidikan Karakter,Anak Usia Dini,  Cerita islami
ISLAM BUKAN AGAMA KEKERASAN Abdullah, Supiati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.581 KB)

Abstract

Sejatinya berjihad untuk saat ini adalah untuk menghentikan segala perbuatan mereka yang tidak sesuai atau perseberangan dengan ajaran agama, baik Islam maupun agama lainnya. Islam toleran untuk kemanusiaan dan menyatukan umat manusia untuk kedamaian. Islam tidak toleran kepada orang yang ingin menghancurkan kedamaian, Islam mengedepankan dialog tanpa kebencian dan tanpa kekerasan. Tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk membekali diri, dengan pemahaman yang benar di dalam keluarga, masyarakat, terutama anak-anak dan generasi muda, agar tidak mudah terjebak dalam arus gerakan radikalisme Islam tersebut, yang kerap membawa simbol-simbol keislaman namun hakikatnya sangat jauh dari substansi dan nilai-nilai luhur ajaran Islam itu sendiri.  Untuk itu, hal penting yang mesti di pahami serta mengupayakan membekali diri dengan pengetahuan agama yang lurus dan benar, sekaligus bersikap selektif dan hati-hati dalam memilih guru atau lembaga pendidikan, organisasi, yang sekiranya selaras dengan paham keislaman Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang sudah ribuan tahun lamanya diajarkan. Kata Kunci: Islam, Bukan, Agama, Kekerasan
Perkembangan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa SM Hestaliana R, Ari
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidian Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1050.665 KB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belum memadai menjadi latarbelakang penelitian ini dilakukan pada salah satu SMPN kota Bandung. Hal ini dapat dicermati dari proses pembelajaran yang berlangsung. Salah satu proses pembelajaran terhadap perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan saintifik pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Lembang kelas VIII B. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes dan observasi. Kesimpulan yang diperoleh adalah perkembangan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan saintifik pada siswa SMP memadai. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan Saintifik
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN APE Hestaliana R, Ari; Sari, Nova
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 4, No 6 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.044 KB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di salah satu STKIP Banda Aceh, ditemukan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa belum memadai. Proses penyelesaian masalah yamg diselesaikan oleh Mahasiswa masih salah atau keliru. Bahkan ada mahasiswa yang belum mampu menyelesaikan soal yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model Jigsaw berbantuan APE. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui model Jigsaw berbantuan APE di STKIP An-Nur. Desain penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP An-Nur, selanjutnya sampel dalam penelitian adalah mahasiswa semester IV STKIP An-Nur. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematis. Analisis data menggunakan nonpooled t-test. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui model Jigsaw berbantuan APE lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang belajar melalui model Jigsaw berbantuan APE berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Jigsaw, APE
PENINGKATAN KECERDASAN NATURAL ANAK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL Ismiati, Ismiati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidian Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.636 KB)

Abstract

Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Teungku Dianjong yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran melalui media audio visual yaitu mengunakan video tentang pengenalan hewan-hewan di darat dan di udara. Materi yang disajikan adalah  mengenai konsep sederhana sains, yaitu menghubungkan kejadian sederhana tentang anak dengan lingkungan sekitar, kemudian mengenalkan bermacam-macam hewan di udara dan di darat, yang ditayangkan dengan media audio visual (video). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  upaya peningkatan kecerdasan natural anak melalui media Audio Visual (Video) dengan mengenalkan macam-macam hewan di kelompok A TK Tengku Dianjong  Banda Aceh mencapai peningkatan sebesar 70 %. Dimana perkembangan tersebut merupakan peningkatan kecerdasan anak pada tingkat berkembang sangat baik (BSB). Perubahan tersebut daapat dilihat berdasarkan hasil siklus I, anak yang mengalami keberhasilan belajar hanya mencapai angka  37,10 %. tetapi setelah diadakan siklus II, keberhasilan belajar berkembang sangat baik (BSB) meningkat, maka kecerdasan natural anak meningkat dari jumlah rata-rata anak yakni sebesar 70 %.  Kecerdasan naturalis anak dapat meningkat melalui media audio visual (VCD) dibandingkan sebelum menggunakan media video, kecerdasan naturalis anak terlihak setelah menggunakan video mengenal konsep sains secara sederhana adalah anak  dapat menunjukkan sebanyak-banyaknya jenis hewan dan warnanya, dapat mengelompokkan hewan sesuai dengan habitatnya, mampu memasangkan gambar hewan dan makanannya, mampu mempraktekkan gerakangerakan hewan.    Kata Kunci:  Kecerdasan Natural, Audio Visual
MUSIK DIDONG MENCERMINKAN IDENTITAS SOSIAL MASYARAKAT GAYO Aryesha, Vinny
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.539 KB)

Abstract

Salah satu kesenian tradisional yang masih bertahan sampai saat ini adalah Didong, khususnya di tanah Gayo, Aceh. Musik Didong merupakan hasil ekspresi masyarakat Gayo baik ekspresi pribadi maupun ekspresi kelompok sosial masyarakatnya. Musik Didong sangat berpengaruh bagi masyarakat Gayo, sehingga melalui musik Didong dapat mengetahui identitas sosial masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan musik Didong sebagai identitas sosial masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah, meliputi individu dan kelompok dalam musik Didong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif interpretatif dengan pendekatan interdisiplin. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Selanjutnya dianalisis melalui alur interaktif, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menandakan identitas dalam musik Didong melalui tepukan, syair, dan kelompok Didong. Musik Didong mengidentitaskan masyarakat Gayo yang berbuat baik terhadap sesama, cinta akan lingkungan sekitar, cinta tanah air, senang akan kedamaian, disiplin, sangat senang bernyanyi, etos kerja, dan kebersamaan. Kata Kunci: Musik Didong, Identitas Sosial
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN ARENDS Roslina, Roslina
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.268 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan model pembelajaran Time Token Arends dalam mengajar keterampilan berbicara bahasa Inggris kepada siswa kelas VIII MTsN 4 Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris setelah penerapan model pembelajaran Time Token Arends. 2). Untuk mengetahui peningkatan aktifitas siswa, dan 3). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melali penerapan model pembelajaran Time Token Arends. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjumlah 2 siklus.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII- 2 MTsN 4 Aceh Besar sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, dan lembar observasi.  Hasil pengamatan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token Arend dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara bahasa Inggris. Pada siklus I,  hanya 14 orang (47%) siswa yang mencapai indikator yang ditetapkan sedangkan pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai indikator meningkat menjadi 24 orang (80%). Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 51,78% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I mencapai 63,80% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends sangat efektif untuk diterapkan dalam mengajar keterampilan berbicara bahasa Inggris. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini, disarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan berbagai teknik dalam mengajar. Dalam mengajar speaking, model pembelajaran Time Token Arends  dapat menjadi teknik alternatif untuk diterapkan.Kata kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran Time Token Arends
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA MELALUI BERMAIN Erlinawati, Erlinawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Publisher : STKIP An-Nur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.961 KB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berhitung siswa di salah satu SD Nagan Raya menjadi suatu masalah yang harus diselesaikan. Penyelesaian yang dapat dilakukan yaitu dengan memperhatikan proses pembelajaran yang berlangsung. Hal ini dikarenakan siswa akan mudah memahami materi jika aktif selama proses berlangsung. Banyak cara yang diperkenalkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan melaksanakan proses pembelajaran melalui bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berhitung siswa melalui bermain di kelas II SD Muhammadiyah Nagan Raya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas II yang berjumlah 6 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berhitung siswa melalui bermain di kelas II SD Muhammadiyah Nagan Raya yaitu sebesar 83% pada kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Bermain