Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Vol 3, No 5 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)

HASIL BELAJAR STATISTIKA MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN MODUL DI STKIP AN-NUR BANDA ACEH

Hestaliana R, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh hasil studi pendahuluan di PG-PAUD STKIP An-Nur yang menunjukkan bahwa hasil belajar statistika mahasiswa belum memadai. Untuk itu perlu dicari sebuah model pembelajaran dalam menindaklanjuti masalah tersebut. Salah satunya melalui pembelajaran dengan penggunaan modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar statistika mahasiswa melalui pembelajaran dengan penggunaan modul. Desain penelitian ini merupakan penelitian penelitian eksperimen dengan static group comparison design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PG-PAUD STKIP AN-nur Banda Aceh. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester VI unit 1 dan unit 2. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar statistika. Analisis data menggunakan Pooled t-test.  Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar statistika mahasiswa melalui pembelajaran dengan penggunaan modul lebih baik daripada hasil belajar statistika mahasiswa melalui pembelajaran tanpa penggunaan modul. Kata Kunci: Hasil Belajar, Statistika, Modul

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu ...