Peningkatan jumlah kendaraan khususnya kendaraan roda dua (sepeda motor) di daerah Tembilahan memberikan peluang bagi masyarakat daerah untuk membuka usaha salah satu diantaranya adalah usaha yang bergerak dibidang layanan jasa cuci sepeda motor. Penelitian ini dilakukan di Layanan Jasa Cuci Sepeda Motor Kyta Tembilahan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan secara parsial variabel harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) terhadap kepuasan konsumen (customer satifaction) pengguna layanan jasa cuci sepeda motor Kyta Tembilahan. Berdasarkan hasil uji secara simultan variabel harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam layanan jasa cuci sepeda motor. Hasil uji parsial diketahui bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam layanan jasa cuci sepeda motor. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kemampuan variabel bebas (harga, lokasi dan promosi) dalam menjelaskan variabel terikat (kepuasan konsumen) adalah sebesar 15,7% sedangkan sisanya sebesar 84,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam ruang lingkup penelitian ini.
Copyrights © 2020