TUNAS BANGSA
Vol 2 No 2 (2015)

ANALISIS IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SDN 065015 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN KOTA MEDAN

Helminsyah (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran factual mengenai : Implementasi penanaman Karakter Dalam Kurikulum 2013 Di Kelas IV SDN 065015 Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan tahun ajaran 2014/2015; Mengintegrasikan penanaman karakter dalam proses pembelajaran dikelas; menerapkan budaya sekolah dalam kegiatan atau kehidupan keseharian pada siswa kelas kelas IV; dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari, wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Implemntasi penanaman karakter di SDN 065015 menunjukkan ,proses pembelajaran guru menanamkan sikap religius, sopan, dan berfikir logis, jujur, disiplin dan lain sebagainya. 2), Implementasi penanaman Karakter di SDN 065015 menunjukan bahwa : kegiatan keseharian disekolah guru menanamkan bentuk budaya-budaya salaman, bentuk perilaku dan symbol-simbol yang terkait penanaman karakter;3) Implementasi penanaman Karakter di SDN 065015 menunjukan bahwa pada kegiatan ekstrakurikuler nilai-nilai yang diterapkan adalah disiplin, bersahabat, kerjasama, tanggung jawab, menumbuhkan sikap percaya diri, menumbuhkan sikap pantang menyerah dan tidak putus asa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tunasbangsa

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Bangsa Journal is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in the field of primary school education, critical study of teaching and learning for primary school, classroom action ...