Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2019)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK KEUNIKAN HUTAN HUJAN TROPIS MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN

Puspayani, Desak Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pencapaian hasil belajar biologi dengan materi  keunikan hutan-hutan tropis, bagi siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukawati dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1)  perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar Biologi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil  yang dicapai dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa: dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran  biologi dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas X Semester I SMA Negeri  1 Sukawati secara signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...