Pembelajaran berlangsung kurang efektif sehingga siswa mengalami kendala ketika menerima atau memahami materi matematika, kurangnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dipertengahan pembelajaran siswa kurang memperhatikan pembelajaran, kurangnya penggunaan media menyebabkan semangat belajar siswa menurun dan cepat bosan sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa, tidak semua siswa bisa berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama dan kemampuan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika berbeda-beda. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian adalah ekperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 70 siswa. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampling purposive. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes objektif berupa tes pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh bahwa retata skor kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan retata kelompok kontrol (19,47 > 17,59). Uji-t diperoleh hasil bahwa t= 2,65, dan p (taraf signifikan 5%) = 1,995. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu Gambar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Lab Singaraja. Model model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu Gambar dapat diaplikasikan pada pelajaran matematika di sekolah dasar sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal pada pelajaran matematika.
Copyrights © 2020