Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness)
Vol. 8 No. 1 (2020): Juni 2020 (Jurnal Agribisnis Indonesia)

ANALISIS PERMINTAAN DAN PERSAINGAN MINYAK KELAPA (CRUDE COCONUT OIL) INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Rizki Puspita Dewanti (Program Magister Sains Agribisnis, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor)
Harianto Harianto (Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor)
Rita Nurmalina (Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2020

Abstract

Sebagai negara produsen terbesar kelapa dunia, memberikan kesempatan Indonesia untuk menjadi eksportir utama produk olahan kelapa. Minyak kelapa merupakan salah satu produk unggulan olahan kelapa yang saat ini permintaanya semakin meningkat. Dalam ekspor minyak kelapa ke pasar internasional, Indonesia mendapat persaingan yang ketat dengan eksportir minyak kelapa lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat persaingan minyak kelapa Indonesia dengan eksportir minyak kelapa lainnya di pasar internasional. Metode analisis yang digunakan adalah Almost Ideal Demand System (AIDS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi permintaan minyak kelapa Indonesia di pasar internasional berbeda-bedad dan minyak kelapa Indonesia bersaing dengan minyak kelapa Filipina di pasar Amerika Serikat dan Jerman. Hal ini dibuktikan dengan nilai elastisitas harga silang yang positif (substitusi). Penurunan harga minyak kelapa Filipina, maka akan menurunkan pangsa pasar Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia perlu meningkatkan produksi dan stategi pemasaran minyak kelapa untuk meningkatkan ekspor minyak kelapa Indonesia di pasar internasional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jagbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Indonesian Agribusiness is a periodical scientific journals of agribusiness in Indonesia. This journal is media of information dissemination which is the thinking results and research of lecturers, researchers and practitioners who are interested in agribusiness development. This journal ...