PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 9, No 1 (2020)

STRATEGI CAPACITY BUILDING DALAM PERSPEKTIF KOMPETENSI PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MI

Zahara Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Rendahnya  kinerja  guru  disebabkan  tidak  maksimalnya  guru dalam mempersiapkan diri   untuk lebih berkompeten dalam mengajar    baik secara eksternal maupun internal dengan menambah     wawasan pengetahuannya seperti mengikuti pelatihan,workshop,  seminar  dan  lain-lain.  Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan   peningkatan kinerja guru dengan strategi capacity building di tinjau dari kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan penelitian Diskriptif. Sampel penelitian   diperoleh dengan porpusive sampling dari guru-guru yang berada disekolah-sekolah  Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 150 guru. Instrumen Penelitian berupa angket. Tehnik analisis data    menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di langsa masih sebagian kecil  yang sudah meningkat yaitu 34,53% . Strategi capacity building yang dilakukan dalam peningkatan kinerja guru berupa inservice training dalam pendidikan  dan  pelatihan  masih  sedikit  sekali  yang mengikutinya yaitu 8.6%

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...