Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuanpemecahanmasalah matematis siswa kelas VII MTs Negeri 3 Muna. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Muna tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIA sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuanpemecahanmasalah matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaranProblem Based Learning terhadap kemampuanpemecahanmasalah matematis siswa di kelas VII MTs Negeri 3 Muna.
Copyrights © 2020