Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020)

ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NAPABALANO PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Sitti Ramalan (Universitas Halu Oleo)
Kodirun Kodirun (Universitas Halu Oleo)
Mustamin Anggo (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Napabalano Tahun Ajaran 2017/2018 pada seluruh siswa kelas VIII materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan pertimbangan kemampuan siswa dalam berkomunikasi berdasarkan informasi dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek  1 dan 4 memenuhi kelima indikator kemampuan menulis matematis, Subjek 2 memenuhi indikator penjelasan informasi masalah, proses matematis, penyelesaian; informasi rinci matematis, penggunaan istilah-istilah matematis, dan hubungan terhadap pengetahuan matematis, Subjek 5 memenuhi indikator penjelasan informasi masalah, proses matematis, penyelesaian; informasi rinci matematis, organisasi cara berpikir, dan penggunaan istilah-istilah matematis, dan Subjek 3 dan Subjek 6 tidak memenuhi satu indikatorpun; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa terbagi menjadi dua, yaitu: (a) faktor internal (minat, niat mengerjakan, pemahaman konsep, pemahaman penggunaan istilah matematis, kebiasaan dan perasaan siswa bahwa guru mereka sudah memahami maksud tulisan mereka). (b) Faktor eksternal (durasi waktu, guru yang menekankan pentingnya penulisan dengan lengkap dan sistematis, cara guru menjelaskan penyelesaiannya, dan teman).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...