Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Napabalano Tahun Ajaran 2017/2018 pada seluruh siswa kelas VIII materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan pertimbangan kemampuan siswa dalam berkomunikasi berdasarkan informasi dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 dan 4 memenuhi kelima indikator kemampuan menulis matematis, Subjek 2 memenuhi indikator penjelasan informasi masalah, proses matematis, penyelesaian; informasi rinci matematis, penggunaan istilah-istilah matematis, dan hubungan terhadap pengetahuan matematis, Subjek 5 memenuhi indikator penjelasan informasi masalah, proses matematis, penyelesaian; informasi rinci matematis, organisasi cara berpikir, dan penggunaan istilah-istilah matematis, dan Subjek 3 dan Subjek 6 tidak memenuhi satu indikatorpun; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa terbagi menjadi dua, yaitu: (a) faktor internal (minat, niat mengerjakan, pemahaman konsep, pemahaman penggunaan istilah matematis, kebiasaan dan perasaan siswa bahwa guru mereka sudah memahami maksud tulisan mereka). (b) Faktor eksternal (durasi waktu, guru yang menekankan pentingnya penulisan dengan lengkap dan sistematis, cara guru menjelaskan penyelesaiannya, dan teman).
Copyrights © 2020