Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020)

EFEKTIVITAS PENER APAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KENDARI

Putu Wiranto Pranata (Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Universitas Halu Oleo)
Arvyati Arvyati (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif bila dibandingkan dengan model pembelajaran MMP di kelas VII SMP Negeri 15 Kendari. Penelitian ini berjenis eksperimen semu post-test two experimental groups design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu memberikan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika siswa yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran MMP berkategori baik, hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata 61,09 dan model pembelajaran MMP memiliki rata-rata 71,29, dan penerapan model pembelajaran MMP lebih efektif bila dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...