Tujuan penelitian ini adalah menelusuri kognisi mahasiswa tentang concept definition dan concept image dalam mendefinisikan konsep matematika pada Jurusan Pendidikan Matematika UHO. Ada dua sel yang berbeda dalam struktur kognitif mahasiswa, yaitu concept definition dan concept image. Concept definition (definisi konsep) adalah bentuk kata yang digunakan untuk menentukan konsep itu. Sedangkan concept image (bayangan konsep) adalah sesuatu yang non-verbal yang terkait dalam pikiran seseorang. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang memprogramkan mata kuliah Kalkulus Diferensial, terdiri atas 47 mahasiswa baru angkatan 2019 dan 25 mahasiswa lama angkatan 2016. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mendefinisikan konsep bagi mahasiswa baru umumnya (89,37%) menggunakan definisi pribadi, dan mahasiswa lama umumnya (52%) menggunakan definisi pribadi. Sedangkan, bayangan konsep bagi mahasiswa baru umumnya (31,91%) menggunakan bayangan visual. Mahasiswa lama umumnya (28%) menggunakan alternative definition or vague conception.
Copyrights © 2020