Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan tahun pelajaran 2018/2019 yang terditribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model generatif dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Control Grup Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan.
Copyrights © 2020