KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
2019: PROSIDING : SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR

HOTS (High Order Thinking Skils) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL

Pipit Putri Hariani MD (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan Modul dan HOTS (High Order Thinking Skils) dapat meningkatkan hasil beljar siswa Kelas X- AK 2 SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2018/2019 materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK-2 SMK Swasta PAB 2 Helvetia Jl. Labuhan Deli No. 12 yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Media Modul sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Instrument penelitian yang digunakan adalah test dan lembar Observasi. Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada tes awal diperoleh 12 dari 37 siswa (32%) yang mencapai ketuntasan dan yang belum belum mencapai ketuntasan 25 orang siswa. Hasil belajar test siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 20 siswa (54,0%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 17 orang siswa (46%) sedangkan untuk hasil belajar pada siklus II diperoleh sebanyak 32 siswa (86,49%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (13,51%). Berdasarkan hasil siklus II diketahui bahwa hasil belajar siswa telah meningkat dan berhasil.

Copyrights © 2019