Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru

Rahyasih, Yayah (Unknown)
Hartini, Nani (Unknown)
Syarifah, Liah Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2020

Abstract

Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah sebuah keharusan bagi guru. Publikasi ilmiah merupakan bagian dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang terkait dengan karya tulis yang dibuat guru dan hal tersebut menjadi salah satu bagian dari karakteristik guru profesional yaitu melalui budaya menulis dan meneliti. Di sisi lain, publikasi ilmiah juga menjadi upaya dalam meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat bagi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui publikasi ilmiah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang difokuskan pada analisis kebutuhan pelatihan publikasi ilmiah bagi guru di SMP Darul Hikam Bandung. Subjek penelitian diambil secara purposive yaitu 40 guru SMP Darul Hikam. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapat dari guru melalui angket tertutup berbentuk data kuantitatif, kemudian informasi kebutuhan tersebut dilengkapi dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan kata lain proses tersebut menunjukkan bahwa analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan gambaran bahwa publikasi ilmiah guru SMP Darul Hikam sudah sangat tinggi dalam menyusun modul/ diktat pembelajaran, hanya saja jumlah publikasi ilmiah berbasis hasil penelitian dan buku berISBN masih dikategorikan cukup. Dengan analisis data dan kondisi di lapangan, pelatihan publikasi ilmiah ini ditujukan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui publikasi ilmiah masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian baik secara individu (guru) maupun lembaga terutama dalam publikasi ilmiah berbasis hasil penelitian.

Copyrights © 2020