Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 29, No 1 (2020)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN LINGKARAN DALAM PELATIHAN CALON GURU GEOGRAFI

Mahat, Hanifah (Unknown)
Suhaimi, Syifa’ (Unknown)
Nayan, Nasir (Unknown)
Saleh, Yazid (Unknown)
Hashim, Mohmadisa (Unknown)
Kurniawan, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi penerapan pendekatan pembelajaran hiburan dalam pelatihan Geografi Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Pendekatan kuantitatif dengan desain survei menggunakan kuesioner digunakan penelitian ini. Sampel penelitian dari 137 calon guru geografi yang terdiri dari mahasiswa semester enam dan tujuh. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian yang terdiri dari analisis deskriptif (rata-rata, persentase) dan analisis inferensi (korelasi Pearson dan multiple regrasi linear) digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan penelitian. Analisis menunjukkan bahwa semua variabel mencapai tingkat pengetahuan yang tinggi (M = 4.35, SP=0.55), kesiapan (M=4.16, SP=0.58), keterampilan (M=4.13, SP=0.57) dan implementasi (M=4.05, SP = 0.66). Dalam menguji hubungan semua variabel, analisis korelasi Pearson mengungkapkan korelasi positif yang signifikan antara semua variabel pengetahuan, kesiapan dan keterampilan dalam pelaksanaan pendekatan PdPc Geographed of knowledge (r = 0.589, P =.000), kesiapan (r= 0.619, P =.000), keterampilan (r = 0,784, P = .000). Selain itu, analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa dua variabel prediktor, yaitu pengetahuan guru dan kesiapan guru berkontribusi persentase tinggi kesiapan 41.9 persen (R2 = 0,383, F = 0,000). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang dilatih memiliki tingkat pengetahuan, kesiapan, dan keterampilan yang baik dalam menerapkan pendekatan hiburan. Temuan penelitian ini dapat digunakan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia untuk menyoroti kebijakan atau kebijakan menggunakan pendidikan sebagai inovasi baru dalam PdPc. dalam membuat PdPc kurang membosankan dan lebih menarik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and ...