Jurnal Mirai Management
Vol 5, No 2 (2020)

ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN BERBELANJA DI GIANT EKSPRES ALAUDDIN MAKASSAR

Kapriani Kapriani (PPs STIE Amkop Makassar)
Andi Dorawati (Unknown)
Rusdiaman Rauf (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh harga, promosi dan tempat, terhadap keputusan pelanggan berbelanja di Giant Alauddin Makassar baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket, data yang terkumpul berupa data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah sampel 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel harga (X1), promosi (X2) dan lokasi (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pelanggan. Berdasarkan perhitungan uji koefisien korelasi (R) diperoleh nilai R sebesar 0,874 menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat. Nilai koefisien determinasi (R2) keputusan nasabah menyimpan dana dijelaskan oleh harga, promosi, dan lokasi sebesar 63,30 %. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa bahwa variabel harga (X1), promosi (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan berbelanja di Giant Alauddin Makassar. Uji F menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, dan lokasi secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pelanggan berbelanja di Giant Alauddin Makassar. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kata kunci : harga, promosi, lokasi dan keputusan nasabah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...