Jurnal Pariwisata
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Pariwisata

MEMPERTAHANKAN KUALITAS PRODUK DAN KULITAS PELAYANAN BARISTA DI SENJA COFFEE AND MEMORIES YOGYAKARTA

Syafnur Saputra (Universitas Bina Sarana Informatika)
Emmita Devi Hari Putri (Universitas Bina Sarana Informatika)
M. Fathurrahman Nurul Hakim (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

ABSTRAKPerkembangan minuman coffee sangat menarik untuk di pelajari karena akan memberikan nilai ekonomi yang sangat tinggi, dalam serat centhini minuman coffee sudah ada di sebut dengan wedhang Kahwa dinikmati dengan gula batu atau gula siwalan, dalam perkembanganya pada masa penjajahan coffee menjadikan komoditas ekspor yang bernilai tinggi untuk perdangangan VOC, sehingga banyak sekali pembudidayaan tanaman coffee dengan berbagai  varian seperti Robusta, Arabica, Excelsa, dalam perkembanganya industry coffee mengalami pasang surut. Pada era milenial seperti sekarang minuman coffee sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan hidup banyak kedai-kedai yang mewarkan minuman ini dengan berbagai macam variannya serta tehnik pengolahannya salah satunya Senja Coffee Memories, diharapkan pelanggan yang menikmati coffee di tempat ini mempunyai kenangan yang terbaik dalam menikmati coffee dengan berbagai macam variannya. Penelitian ini mengunakan methode deskriptif kualitatif menggambarkan dari informasi tentang tempat penelitian. Metode pengumpulan data yang diusulkan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi literatur. Untuk mempertahankan kualitas produk dan pelayanan Barista di senja Coffee dan memories harus menjaga dan meningkatkan serta mengadakan pelatihan yang berkesinambungan untuk menjaga tampilan produk. Proses produksi dan konsistensi rasa di samping harus memiliki pribadi pelayanan prima didukung dengan penampilan diri yang terbaik sesuai dengan Standart Operasional Perusahaan.Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, BaristaABSTRACTIn the development of coffee drinks is very interesting to learn because it will give a very high economic value, in the centhini books coffee drink is already called the Kahwa wedhang enjoyed with sugar cystal or siwalan sugar, in its development during the colonial period of coffee made high-value export commodities for VOC trade, so there is a lot of coffee plant cultivation with various variants such as Robusta, Arabica, Excelsa, in its development the coffee industry experiences ups and downs. In the millennial era like now coffee drinks have become a lifestyle and the necessities of life of many shops that deliver this drink with a variety of variants and processing techniques one of which is expected to be that customers who enjoy coffee at this place have the best memories of enjoying coffee with various kinds of variants. This study uses a qualitative descriptive method describing information about the research site. Data collection methods proposed in this study are interviews, observation and literature study.To maintain the quality of Barista's products and services at dusk, Coffee and memories must maintain and improve and hold ongoing training to maintain the appearance of the product, the production process and the consistency of taste in addition to having personal service excellence supported by the best personal appearance in accordance with the Company's Operational Standards.Keyword: Product Quality, Service Quality, Barista

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Jurnal PARIWISATA Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai Kepariwisataan dan Destinasi Wisata. Dengan lingkup keilmuan pada bidang: 1. Destinasi Pariwisata 2. Kualitas Pelayanan 3. Perhotelan 4. ...