JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1: Maret - Agustus 2020

Perbaikan Asumsi Autokorelasi Menggunakan Metode Cochrane-Orcutt (Studi Apakah Minyak Dan Gas Merupakan Berkah Atau Musibah)

Wibowo, Ananto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2020

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Namun, terdapat dugaan paradoks keberlimpahan dimana negara kaya akan SDA tidak selalu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh daerah yang memilikinya. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah kutukan minyak dan gas sedang terjadi di Indonesia dengan perbaikan asumsi autokorelasi pada model yang terbentuk menggunakan metode Cochrane-Orcutt. Sumber data berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan series tahun 2000 triwulan 1 hingga 2019 triwulan 4. Hasil menunjukkan bahwa pelanggaran asumsi autokorelasi terjadi pada model sehingga dilakukan perbaikan menggunakan metode Cochrane-Orcutt sebanyak dua kali iterasi. Share migas justru memberikan efek negatif terdahap pertumbuhan PDB tanpa migas. Dengan kata lain, migas bukan merupakan berkah melainkan kutukan di dalam perekonomian Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...