cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 186 Documents
STRUKTUR ARGUMENTASI PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS VIIIB MTsN 1 KEDIRI Umah, Ulumul; Asari, Abdur Rahman; Sulandra, I Made
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.197 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.498

Abstract

Argumen matematis siswa tingkat dasar hingga sekolah menengah sering sulit dikaitkan dengan pembuktian matematis formal. Model Argumen Toulmin menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis argumen yang sangat berbeda dengan pendekatan logika formal. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa kelas VIIIB MTsN 1 Kediri ketika menyelesaikan masalah kovariasi berdasarkan teori argumentasi Toulmin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek belum memiliki struktur argumen yang lengkap. Secara umum subjek membangun argumen secara induktif. Peran “backing” menjadi esensial ketika argumen subjek didukung oleh contoh-contoh kasus yang mengantarkan pada suatu kesimpulan, sementara “qualifier” dan “rebuttal” tidak muncul pada struktur argumen mereka.
STRUKTUR ARGUMENTASI PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS VIIIB MTsN 1 KEDIRI Ulumul Umah; Abdur Rahman Asari; I Made Sulandra
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.498

Abstract

Argumen matematis siswa tingkat dasar hingga sekolah menengah sering sulit dikaitkan dengan pembuktian matematis formal. Model Argumen Toulmin menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis argumen yang sangat berbeda dengan pendekatan logika formal. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa kelas VIIIB MTsN 1 Kediri ketika menyelesaikan masalah kovariasi berdasarkan teori argumentasi Toulmin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek belum memiliki struktur argumen yang lengkap. Secara umum subjek membangun argumen secara induktif. Peran “backing” menjadi esensial ketika argumen subjek didukung oleh contoh-contoh kasus yang mengantarkan pada suatu kesimpulan, sementara “qualifier” dan “rebuttal” tidak muncul pada struktur argumen mereka.
PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATEMATIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER GENERASI Khoiriyah, Annisatul
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.577 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.502

Abstract

Terwujudnya  karakter  generasi  yang  mampu  menghadapi  berbagai tantangan  merupakan  amanah  pendidikan  yang  dituangkan  dalam Kurikulum  2013.  Terbentuknya  karakter  yang  diharapkan  dapat diwujudkan  dengan  proses pembelajaran  yang  tepat.  Pembelajaran kolaboratif  yang  didasarkan  pada  konstruktivis  sosial  dapat mendorong terbentuknya  karakter  yang  diharapkan.  Pembelajaran kolaboratif  juga  memfasilitasi  terbentuknya  inisiatif, kreatifitas, kemampuan  berpikir  kritis,  dan  dialog  pada  siswa  ketika  membentuk pemahaman.  Pemahaman  yang kuat  akan  terbentuk  dengan  proses berpikir  secara hierarkis  yang  ditopang  oleh  argumen-argumen  yang kuat. Pola  pembentukan  pemahaman  demikian  diberikan  oleh pembelajaran  matematika.  Pembelajaran  matematika secara  khusus juga  mewujudkan  karakter  yang  melekat  pada  matematika.  Walhasil, pembelajaran  matematika dengan  proses  kolaboratif  yang berkesinambungan  akan mampu  membentuk  generasi  yang  memiliki kekuatan pemahaman dan karakter yang dibutuhkan.
PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATEMATIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER GENERASI Annisatul Khoiriyah
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.502

Abstract

Terwujudnya  karakter  generasi  yang  mampu  menghadapi  berbagai tantangan  merupakan  amanah  pendidikan  yang  dituangkan  dalam Kurikulum  2013.  Terbentuknya  karakter  yang  diharapkan  dapat diwujudkan  dengan  proses pembelajaran  yang  tepat.  Pembelajaran kolaboratif  yang  didasarkan  pada  konstruktivis  sosial  dapat mendorong terbentuknya  karakter  yang  diharapkan.  Pembelajaran kolaboratif  juga  memfasilitasi  terbentuknya  inisiatif, kreatifitas, kemampuan  berpikir  kritis,  dan  dialog  pada  siswa  ketika  membentuk pemahaman.  Pemahaman  yang kuat  akan  terbentuk  dengan  proses berpikir  secara hierarkis  yang  ditopang  oleh  argumen-argumen  yang kuat. Pola  pembentukan  pemahaman  demikian  diberikan  oleh pembelajaran  matematika.  Pembelajaran  matematika secara  khusus juga  mewujudkan  karakter  yang  melekat  pada  matematika.  Walhasil, pembelajaran  matematika dengan  proses  kolaboratif  yang berkesinambungan  akan mampu  membentuk  generasi  yang  memiliki kekuatan pemahaman dan karakter yang dibutuhkan.
EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA Vitantri, Ciptianingsari Ayu; Asriningsih, Tafsillatul Mufida
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.915 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.505

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  keefektifan  penerapan lesson study dalam meningkatkan kompetensi calon guru matematika. Kompetensi yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi kompetensi menyusun RPP dan melaksanakan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa peserta PPL I (B) yang berjumlah 7 orang di Program studi Pendidikan Matematika Universitas  Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study, mahasiswa diberi tugas menyusun RPP dan kelengkapannya serta diukur  unjuk kerjanya dalam mempraktikan rancangan pembelajaran  tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa  sebagai calon guru matematika dalam menyusun RPP serta mempraktikan pembelajarannya meningkat.
EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA Ciptianingsari Ayu Vitantri; Tafsillatul Mufida Asriningsih
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.505

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  keefektifan  penerapan lesson study dalam meningkatkan kompetensi calon guru matematika. Kompetensi yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi kompetensi menyusun RPP dan melaksanakan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa peserta PPL I (B) yang berjumlah 7 orang di Program studi Pendidikan Matematika Universitas  Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study, mahasiswa diberi tugas menyusun RPP dan kelengkapannya serta diukur  unjuk kerjanya dalam mempraktikan rancangan pembelajaran  tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa  sebagai calon guru matematika dalam menyusun RPP serta mempraktikan pembelajarannya meningkat.
KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Dzulfikar, Ahmad
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.409 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.508

Abstract

Kecemasan  matematika  yang  memiliki  pengaruh  negatif  pada  diri seseorang  ditemukan  dari  jenjang  sekolah  dasar  hingga  perguruan tinggi.  Dalam  penelitian  ini,  dikaji  apakah  mahasiswa  calon  guru matematika  juga  memiliki  kecemasan  matematika.  Subjek  penelitian ini  adalah  20  mahasiswa  Pendidikan  Matematika  di  salah  satu perguruan  tinggi  swasta  di  Jawa  Timur.  Metode  yang  digunakan adalah  dengan  metode  campuran  dengan  desain  triangulasi.  Angket atau  skala  kecemasan  matematika  dan  peneliti  melalui  kegiatan wawancara  menjadi  instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini. Dari  hasil  penelitian  diketahui  bahwa  secara  umum  kecemasan matematika mahasiswa calon guru tersebut berada pada level sedang. Apabila ditinjau dari aspeknya, kecemasan ketika mengajar dan ketika tes  matematika  merupakan  kecemasan  yang  tertinggi,  bila dibandingkan  dengan  ketika  mereka  bekerja  dalam  kelompok matematika.  Kecemasan  ini  lebih  dominan  tampak  pada  domain cognitive dan mathematics knowledge/understanding. Dimana mereka merasa  pengetahuan  mereka  masih  kurang  dan  mereka  merasa  tidak cukup kompeten dalam matematika atau kemampuan mengajarnya.
KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Ahmad Dzulfikar
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.508

Abstract

Kecemasan  matematika  yang  memiliki  pengaruh  negatif  pada  diri seseorang  ditemukan  dari  jenjang  sekolah  dasar  hingga  perguruan tinggi.  Dalam  penelitian  ini,  dikaji  apakah  mahasiswa  calon  guru matematika  juga  memiliki  kecemasan  matematika.  Subjek  penelitian ini  adalah  20  mahasiswa  Pendidikan  Matematika  di  salah  satu perguruan  tinggi  swasta  di  Jawa  Timur.  Metode  yang  digunakan adalah  dengan  metode  campuran  dengan  desain  triangulasi.  Angket atau  skala  kecemasan  matematika  dan  peneliti  melalui  kegiatan wawancara  menjadi  instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini. Dari  hasil  penelitian  diketahui  bahwa  secara  umum  kecemasan matematika mahasiswa calon guru tersebut berada pada level sedang. Apabila ditinjau dari aspeknya, kecemasan ketika mengajar dan ketika tes  matematika  merupakan  kecemasan  yang  tertinggi,  bila dibandingkan  dengan  ketika  mereka  bekerja  dalam  kelompok matematika.  Kecemasan  ini  lebih  dominan  tampak  pada  domain cognitive dan mathematics knowledge/understanding. Dimana mereka merasa  pengetahuan  mereka  masih  kurang  dan  mereka  merasa  tidak cukup kompeten dalam matematika atau kemampuan mengajarnya.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG Kusumiati, Nanik Sri
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.461 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.511

Abstract

Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dilaksanakan dalam  dua  siklus.  Dalam  penelitian  ini,  diterapkan  pembelajaran matematika  melalui  peta  konsep  dengan  model  pembelajaran kooperatif  tipe  Jigsaw.  Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  siswa.  Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus  I  sebesar  55,56%  meningkat  menjadi  87,50%  pada  siklus  II, sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  71,48 menjadi  78,89  pada  Siklus  II.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dan temuan-temuan  pada  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG Nanik Sri Kusumiati
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.511

Abstract

Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dilaksanakan dalam  dua  siklus.  Dalam  penelitian  ini,  diterapkan  pembelajaran matematika  melalui  peta  konsep  dengan  model  pembelajaran kooperatif  tipe  Jigsaw.  Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  siswa.  Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus  I  sebesar  55,56%  meningkat  menjadi  87,50%  pada  siklus  II, sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  71,48 menjadi  78,89  pada  Siklus  II.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dan temuan-temuan  pada  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.

Page 1 of 19 | Total Record : 186