Miskonsepsi adalah konsep yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa pada materi kinematika gerak lurus di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek 48 siswa/i kelas X MIA SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang mencantumkan indeks CRI (Certainty of Response Index) dan alasan responden. Hasil analisis data menunjukkan persentase jumlah siswa yang mengalami Paham Konsep adalah 21,35%, Paham Konsep tetapi Kurang Yakin sebanyak 2,19%, Miskonsepsi sebanyak 34,17%, dan Tidak Tahu Konsep sebanyak 42,29%. Persentase miskonsepsi pada masing-masing subpokok bahasan yaitu gerak lurus beraturan (40,63%), gerak vertikal (38,02%), kecepatan dan kelajuan (34,03%), posisi, jarak dan perpindahan (33,33%), percepatan dan perlambatan (28,12%), serta gerak lurus berubah beraturan (27,60%). Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh mengalami miskonsepsi yang tinggi pada materi kinematika gerak lurus.
Copyrights © 2020