Southeast Asian Journal of Islamic Education
Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2(2), 2020

Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12-19 dalam Tafsir Al-Azhar)

Chaer, Moh. Toriqul (Unknown)
Suud, Fitriah M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Pendidikan merupakan upaya mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Hamka berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Konsekuensi proses pendidikan anak bertujuan menjadikan anak sebagai hamba Allah yang taat menjalankan perintah dan menjauhi segala laranganNya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang mengkaji tafsir Al-Azhar sebagai data primer dengan menggunakan pendekatan maudhu’i atau tematik. Upaya analisis data, dilakukan dengan mengiventarisir ayat, mengkaji, dan mempertimbangkan aspek historis ayat terkait. Langkah selanjutnya ayat terkait secara objektif diinterpretasikan, secara deskriptif diungkap dan disimpulkan secara deduktif. Berdasar kajian tafsir Q.S. Luqman/31: 12-19, didapati: 1) urgensi pendidikan anak, yakni proses pendampingan dan bimbingan anak untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Proses pendidikan anak mencakup pendidikan keimanan, berbakti kepada orangtua, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak dan amar ma’ruf-nahi munkar; 2) aktualisasi pendidikan anak, difokuskan pada pembentukan karakter, yang diupayakan oleh keluarga, sekolah dan masyarakat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SAJIE

Publisher

Subject

Education

Description

Southeast Asian Journal of Islamic Education (Online - ISSN: 2621-5861, Print - ISSN: 2621-5845) is an Islamic Education Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed journal of Islamic Education, including: Teaching and Learning, ...