Jurnal Bidang Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2020): January

PENERAPAN NILAI KERJA KERAS DAN TANGGUNGJAWAB DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR

Ludovikus Bomans Wadu (Universitas Kanjuruhan Malang)
Ulfa Samawati (Universitas Kanjuruhan Malang)
Iskandar Ladamay (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2020

Abstract

AbstractThe result of the observations at school illustrates that students are not serious in learning and doing things less effectively. The purpose of this study is to know the application of the character value of students’ hard work and responsibility in Scout Extracurricular at the elementary school level. This study uses a qualitative research approach, descriptive research type, observation, interviews, and documentation techniques to collect the data, data presentation, data reduction, and taking conclusions / verification, checking the validity of the findings using triangulation sources and methods. Based on the results of this study, it is found that the application of the value of the students’ hard work is carried out through learning, habituation, and school extracurriculars, whereas in Scout Extracurricular it is carried out in integrated activities, practices, competitions, and outdoor activities which have an impact on the development of character values and improvement in student achievement, suggestions from researchers aimed at teachers, students, and subsequent researcher. abstrak Hasil observasi di Sekolah Dasar Malang menunjukkan bahwa di sekolah banyak ditemui peserta didik yang kurang bersungguh-sungguh dalam belajar dan melakukan segala sesuatu dengan kurang maksimal. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai karakter kerja keras dan tanggungjawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka di sekolah dasar Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai kerja keras dilaksanakan melalui pembelajaran, pembiasaan, dan ekstrakurikuler sekolah, sedangkan dalam Ekstrakurikuler Pramuka dilaksanakan dalam kegiatan terpadu, praktik, kompetisi, dan kegiatan di alam terbuka yang berdampak pada perkembangan nilai karakter serta peningkatan prestasi peserta didik, saran dari peneliti ditujukan pada guru, peserta didik, dan peneliti selanjutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBPD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bidang Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (cetak). Jurnal ini menerbitkan strategi pembelajaran, manajemen sekolah dan kelas, evaluasi pendidikan, kurikulum, pengembangan media dan bahan ajar. Setiap ...