Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017)

PENERAPAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING (AL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN CIPASUNG

Dewi Kusumawati (SDN Cipasung)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan accelerated learning dalam meningkatkan kemampuan bernalar pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2015/2016. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa kelas V SDN Cipasung dan bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan pendekatan accelerated learning dapat meningkatkan kemampuan bernalar dalam proses pembalajaran matematika dan mengetahui dampak dari penerapan pendekatan accelerated learning.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V C SDN Cipasung tahun 2015/2016 berjumlah 22 orang siswa terdiri atas 13 putra dan 9 perempuan. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi untuk mengetahui tingkat kemampuan bernalar siswa dan metode tes untuk mengetahui tingkat kemampuan keberhasilan dalam proses pembelajaran Matematika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskrptif  Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model accelerated learning dapat meningkatkan kemampuan bernalar dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas V C SDN Cipasung dari siklus I sebesar 22% dengan kategori sangat baik (SB) menjadi 95,5% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil pada siklus  II karena memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu presentase rata-rata kemampuan bernalar siswa telah mencapai kriteria sangat baik .mencapai rentang 80% - 100%.Kata kunci : Pendekatan Accelerated Learning, Kemampuan Bernalar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...