Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK)
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

Validitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa

Anggie Bagoes Kurniawan (Universitas Negeri Surabaya)
Rusly Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa yang ditinjau dari kelayakan permainan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dilakukan hingga tahap uji coba terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan dilakukan uji coba terbatas kepada 33 peserta didik di kelas XI MIPA 2. Kelayakan permainan berbasis android zuper abase ditinjau dari aspek validitas. Validitas ini didapatkan dari validasi 2 orang dosen kimia dan 1 guru kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan zuper abase yang dikembangkan layak sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan persentase validitas isi sebesar 86,11% dan persentase validasi konstruk sebesar 88,89%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Focus and Scope Assessment and evaluation of chemistry learning Chemistry learning technology and innovation Chemistry learning based on Problem Solving, SiMaYang, PJBL, Didactic, Lesson Study, Discovery Learning, etc. HOT-based chemistry learning Inquiry-based learning includes inquiry, structured, ...