JIC (Jurnal Insan Cendekia)
Vol 5 No 2, Septemb (2018): Jurnal Insan Cendekia

PENGARUH PROMKES TENTANG SEKS PRANIKAH MELALUI PEER GROUP TERHADAP SIKAP REMAJA DALAM PENCEGAHAN SEKS PRANIKAH (Studi di SMA N 1 Patianrowo)

Hilda Cornelia Ereshinta (Unknown)
Muarrofah Muarrofah (Unknown)
Dwi Prasetyaningati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Masa remaja rentan usia 10-19 tahun akan terjadi pertumbuhan fisik, kematangan fungsi organ reproduksi, ditambah perubahan emosi remaja menjadi lebih agresif dan mudah bereaksi terhadap rangsangan. Sehingga apabila tidak didasari pengetahuan yang cukup, mencoba hal baru yang berhubungan dengan seksualitas memberikan dampak negatif bagi remaja. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh promkes tentang seks pranikah melalui peer group terhadap sikap remaja dalam pencegahan seks pranikah di SMA Negeri 1 Patianrowo. Penelitian ini menggunakan desain quasy-experiment. Jenis one group pre test-post test design. Populasinya siswa dan siswi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Patianrowo berjumlah 144 anak, tekhnik pengambilan sampling menggunakan probability dengan jenis Proportionalrandom sampling berjumlah 36 responden, variabel independen pengaruh promkes tentang seks pranikah melalui peer group dan variabel dependen sikap remaja dalam pencegahan seks pranikah,. Analisa data menggunakan uji Mcnemar dengan tingkat signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dari 36 siswa bersikap negatif sebelum dilakukan promkes tentang seks pranikah 26 responden (72,2 %), setelah dilakukan promkes negatif menjadi 8 responden (22,2 %). Hasil uji Mcnemar test didapatkan p = 0,000 < 0,05 maka H1 diterima atau Ho ditolak artinya ada pengaruh promkes tentang seks pranikah melalui peer group terhadap sikap remaja dalam pencegahan seks pranikah. Melalui peer group seseorang memperoleh informasi yang menarik, dengan memberikan pemahaman yang jelas dan benar baik membahas tentang masalah anatomis maupun masalah moral dan nilai-nilai yang berhubungan dengan seksualitas, adanya peer group informasi akan mudah dimengerti remaja. Peer group diharapkan mampu tumbuh menjadi peer educator yang diharapkan dapat membahas dan menangani permasalahan remaja.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jic

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Insan Cendekia Receives manuscripts from both original articles and literature review in the field of Health. The scope of the Health field includes: Nursing, Midwifery, Public Health, Health Analysis, Health Management, Health Information,Health ...