Jurnal Abdi Insani
Vol 4 No 1 (2017): Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram

PEMANFAATAN RUMPON CUMI BAGI NELAYAN DI TANJUNG PENGAEL DAN TUING JAYA KABUPATEN BANGKA

Dwi Rosalina (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi Universitas Bangka Belitung)
Eva Utami (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi Universitas Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2018

Abstract

Rumpon cumi merupakan salah satu jenis rumpon dasar yang awalnya dikembangkan di Jepang dengan tujuan utama memperkaya sumberdaya cumi-cumi di suatu kawasan perairan. Beberapa penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa rumpon cumi telah berhasil menjadi tempat menempel telur cumi-cumi. Selain itu, rumpon cumi berfungsi sebagai artificial reef yang menjadi daerah baru bagi tempat ikan, karang lunak dan makroalga sehingga menjadi suatu ekosistem baru di suatu perairan. Cumi-cumi termasuk salah satu hasil perikanan tangkap di Bangka Belitung yang memiliki nilai ekonomis penting. Cumi Bangka terkenal dengan dagingnya yang tebal dan aromanya yang khas. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah laju penangkapan cumi di alam sudah tidak berimbang dengan laju reproduksi dan pertumbuhan cumi-cumi. Armada tangkap semakin banyak dan peralatan penangkapan ikan yang semakin maju dan modern membuat hasil tangkapan cumi-cumi semakin sedikit dan ukuran cumi-cumi yang ditangkap semakin kecil. Berdasarkan analisis efektivitas penempelan cumi-cumi pada atraktor didapat hasil EA ≤ 30%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

Jurnal Abdi Insani adalah jurnal ilmiah yang berisi hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diharapkan berfungsi sebagai alat komunikasi ilmiah sehingga dapat menginspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lebih ...