Jurnal Inovasi Bisnis (Inovbiz)
Vol 8, No 1 (2020)

Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar)

Yogi Sugiarto Maulana (STISIP Bina Putera Banjar)
Alisha Alisha (STISIP Bina Putera Banjar)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekataan kuantitatif dengan jenis metode explanatory. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 responden. Metode statistik yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil responden mengenai variabel inovasi produk berada pada kategori cukup, hal ini berarti inovasi produk telah dilakukan walau tidak terlalu sering. Tanggapan responden mengenai variabel minat beli konsumen berada pada kategori cukup, artinya rensponden mengakui bahwa adanya ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan restoran Ichi Bento. Pengaruh inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada restoran Ichi Bento Cabang Banjar sebesar 25,7%. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada restoran Ichi Bento Cabang Banjar. Kami merekomendasikan restoran Ichi Bento agar meningkatkan kualitas, mutu, rasa, dan penyajian produk dengan desain yang unik sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IBP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inovasi Bisnis (Inovbiz) focuses on how we gain knowledge through innovation and how knowledge encourages the innovation both in economics and business. It is provided for writer, researcher, professor, and practitioner who want to publish their research reports or articles, theoritical or ...