Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April

PENGARUH TEKNIK DIRECT OBJECT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Rochmatul Lailah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Achmad Fanani (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Triman Juniarso (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengaruh teknik objek langsung, menerapkan teknik objek langsung untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif. Pengumpulan data dengan melakukan tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah Uji-Normalitas, Uji-hipotesis hingga Uji-t. Hasil penelitian yang ditemukan dalam teknik Obyek Langsung adalah pengaruh teknik terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Berdasarkan hasil data uji normalitas menunjukkan bahwa Uji Keterampilan Menulis Siswa memiliki signifikansi 0,194 untuk kelas eksperimen dan 0,063 untuk signifikansi kelas kontrol. Ini menunjukkan data terdistribusi normal. Dan berdasarkan uji-t dapat diketahui bahwa ρ> 0,05 maka H0 diterima. Terlihat bahwa nilai probabilitas signifikansi (2-tailed) di kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,018. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak untuk 0,018 <0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...