Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 5, No 1 (2020): JANUARI

Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B

Wika Anggraini (Unknown)
Muhammad Nasirun (Universitas Bengkulu)
Yulidesni Yulidesni (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Kemampuan kognitif anak yang belum berkembang dapat dilihat dari indicator bahwa anak tersebut belum bisa menyebutkan kembali pelajaran yang sudah ditempuh saat pembelajaran berakhir. Sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak melalui penerapan strategi pemecahan masalah pada anak kelompok B2 PAUD Pertiwi 1 Kota  Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini anak kelompok B2 yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus  rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah menggunakan media maze dapat meningkatkan kemampuan kognitif dengan aspek pemecahan masalah terdiri dari kemampuan menganalisis masalah, ketepatan waktu dalam memecahkan masalah serta kemampuan menghubungkan. Hal ini dibuktikan ketarampilan kognitif anak meningkat dengan ketuntasan belajar  75% dan rata-rata diperoleh hasil 3,89.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...