Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 1, No 2 (2015): Juli 2015

KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) AL-AZHAR LAMGUGOB BANDA ACEH

Muthmainnah Muthmainnah (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2017

Abstract

Taman Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan formal yang ditempuh anak pada masa pra-sekolah. Pendidkan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu dari bagian kurikulum TK yang bertujuan untuk membekali anak dengan pendidikan agama pada masa usia dini. Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Azhar merupakan salah satu TK yang memiliki kurikulum PAI yang memadai di samping mengajarkan sains lainnya kepada anak dengan menggunakan metode-metode yang tidak membosankan dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan sejauh mana kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) diajarkan pada tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dekumentasi lalu dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasilnya adalah bahwa kurikulum PAI pada TKIT Al-Azhar mencakup berbagai aspek keagamaan seperti: al-quran, hadits, ibadah, dan muamalah dengan menggunakan metode belajar sambil bermain sehingga anak tidak bosan dalam belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...