Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

STUDI PENGEMBANGAN KOGNITIF DAN NILAI AGAMA DALAM PROGRAM TAḤFIẒUL AL-QUR’ĀN

Wahyu Purwasih (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Usman Usman (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Tulisan ini menyajikan tentang Pengembangan Kognitif dan Nilai Agama dalam Program Taḥfiẓul al-Qur’ān di TK Qurrota A’yun Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B TK Qurrota A’yun Yogyakarta. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan desain sequential exploratory. Yaitu mengolah data kualitatif terlebih dahulu, selanjutnya diperkuat dengan data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa program taḥfīẓul al-Qur’ān yang diterapkan, mampu meningkatkan kemampuan fungsi kognitif anak. Implikasi pada perkembangan nilai agama anak antara lain anak mampu menghafal bacaan sholat, dzikir, dan doa. Anak juga tidak nampak tertekan untuk menjalankan sholat dan membaca Al-Qur’an ketika di rumah. Hal ini diperkuat dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dan nilai agama anak meningkat 15% setelah mengikuti program taḥfīẓ

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sanak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens ...