cover
Contact Name
lusi marlisa
Contact Email
lusimarlisa1@gmail.com
Phone
+6285328756117
Journal Mail Official
lusimarlisa1@gmail.com
Editorial Address
http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/sanak/Editorial-Teams
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
ISSN : 26865343     EISSN : 27157989     DOI : https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i02.190
Core Subject : Science, Education,
jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens growth and development such as Development of moral and religious values Physical motor development Emotional social development Cognitive development Language development Artistic and creative development Parenting Management institution of early childhood education Early child development assessment evaluation of learning in early childhood education Child development psychology Child empowerment Learning strategy Educational tool play instructional media Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 39 Documents
STUDI PENGEMBANGAN KOGNITIF DAN NILAI AGAMA DALAM PROGRAM TAḤFIẒUL AL-QUR’ĀN Wahyu Purwasih; Usman Usman
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.637 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.5

Abstract

Tulisan ini menyajikan tentang Pengembangan Kognitif dan Nilai Agama dalam Program Taḥfiẓul al-Qur’ān di TK Qurrota A’yun Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B TK Qurrota A’yun Yogyakarta. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan desain sequential exploratory. Yaitu mengolah data kualitatif terlebih dahulu, selanjutnya diperkuat dengan data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa program taḥfīẓul al-Qur’ān yang diterapkan, mampu meningkatkan kemampuan fungsi kognitif anak. Implikasi pada perkembangan nilai agama anak antara lain anak mampu menghafal bacaan sholat, dzikir, dan doa. Anak juga tidak nampak tertekan untuk menjalankan sholat dan membaca Al-Qur’an ketika di rumah. Hal ini diperkuat dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dan nilai agama anak meningkat 15% setelah mengikuti program taḥfīẓ
PENGEMBANGAN ASPEK KEAGAMAAN DI PAUD PERTIWI 7 DESA SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI LAMPUNG TIMUR Noormawanti Noormawanti
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.338 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.9

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Aspek Keagamaan di PAUD Pertiwi 7 Desa Sumberrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai keagamaan dalam pengeambangan aspek keagamaan di PAUD Pertiwi 7, 2) Bagaimana metode yang diterapkan dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan dalam pengembangan aspek keagamaan di PAUD Pertiwi 7, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai agama dalam pengembangan aspek keagamaan di PAUD Pertiwi 7. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pengembangan aspek keagamaan di PAUD Pertiwi 7 Desa Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Desain penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian deskriptif. Sehingga penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan wawancara. Untuk lebih mempermudah pemaparan data maka dilakukan kategorisasi dan pengorganisasian data dengan sistem koding. Informan penelitian diperoleh dengan teknik snow ball sampling, kemudian pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Pada pengolahan data dan analisis data dilakukan pada saat dan setelah melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Aspek Keagamaan di PAUD Pertiwi 7 Desa Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur adalah : Proses penanaman nilai-nilai agama dalam pengemabangan aaspek keagamaan di PAUD Pertiwi 7 Desa Batanghari Lampung Timur dilakukan dengan cara pemeberian materi-materi pelajaran yangdiberikan secara rutin dikelas sebagaimana jadwal yang sudah ditentukan. Materi-materi tersebut anatara lain adalah : Materi Ibadah, Materi Akidah, Materi Akhlak. Dalam menyampaikan materi pembelajaran disekolah ada beberapa metode yang digunakan oleh guru untuk menerapkan nilai-nilai agama dalam rangka pengembangan aspek keagamaan diantaranya adalah: Metode Bercerita, Metode Tanya Jawab, Metode Rekreasi/Karyawisata. Pada proses pembelajaran dalam rangka penanaman nilai-nilai agama dalam pengembangan aspek keagamaan di PAUD Pertiwi 7 juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang antara lain adalah: Faktor Pendukungnya adalah sumber Daya Manusia (SDM) dan faktor lingkungan. Faktor Penghambatnya adalah: Faktor Kepribadian dan Faktor Terbatasnya Waktu.
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI KARAKTER TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI PERUMAHAN PNS KOTA METRO Nina Tisnawati
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.11 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.10

Abstract

Penelitian ini dilatarbela kangi oleh lingkunagn perumahan PNS kota meto lampung yang memiliki masyarakat beragam dari suku dan agama, dalam lingkungan masyarakt yang multikutural tentu membuat anak usia dini terkadang bertanya mengenai anak-anak dilingkungannya yang berbeda dengan dirinya, sehingga para orang tua memberikan penjelasan kepada anak-anak yang bertujuan untuk mengauatkan nilai karakter toleransi pada anak-anak sejak usia dini yang dibutuhkan penjelasan yang kuat agar anak usia dini dapat memahami tentang toleransi, tujuan penelitian ini tentang bagaimana pendidikan multicultural anak usia dini di perumahan PNS kota Metro, bagaimana penanaman nilai karakter toleransi pada anak usia dini di perumahan PNS kota Metro, lokasi penelitian ini adalah di perumahan PNS kota Metro Lampung, metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenid spendekatan deskriptif analisis, pendidikan multicultural di perumahan PNS kota metro di lakukan secara individu dan kelompok pendidikan secara individu yaitu dengan cara orang tua memberikan pengarahan kepada anak disetiap pertanyaan anak yang mengatakan bahwa kebiasaan kawannya berbeda dengan dirinya disitulah peran orangtua memberikan pendidikan multicultural kepada anak dan dari kelompok perpustakaan keliling yang tujuan diadakan perpustakaan keliling supaya anak-anak bisa beramain bersama belajar bersama tanpa membedakan perbedaan diantara mereka baik suku maupun agama yang bertujuan agar anak usia dini di lingkungan perumahan PNS kota Metro tertanam nilai toleransi dalam kehidupan bermasyarakat yang penuh rasa kasih sayang, cinta damai dan penuh kasih sayang antar semama dan memiliki jiwa BINEKATUNGGALIKA dalam kehidupan sehari-hari
NILAI UNGGUL PENDIDIKAN PRASEKOLAH DALAM MEMPERSIAPKAN ANAK MEMASUKI JENJANG SEKOLAH FORMAL ( Studi di TK Al Qur’an Wahdatul Ummah Kota Metro ) Iswati Iswati; Bayu Ardiwansyah
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.64 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.12

Abstract

Kesiapan sekolah merupakan hal penting yang perlu dimiliki anak sebelum ia masuk ke Sekolah Dasar (SD). Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab Apa saja program di TK Al-Qur’an Wahdatul Ummah, Bagaimana upaya mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Formal serta Apa saja program unggulan yang ditawarkan TK Al-Qur’an Wahdatul Ummah dalam mempersiapkan anak memasuki jenjang Sekolah Formal. Dalam menjawab permasalahan tersebut Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode yaitu; interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa Program PAUD yang ada di Wahdatul Ummah antara lain; Tempat penitipan anak, play group, TK Al-Qur’an, TPA, pendidikan ibu dan anak (parenting). Upaya TK Al-Qur’an dalam mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Formal antara lain; dengan mempersiapkan personal, sosial dan akademik anak. Selain itu TKIT Wahdatul Ummah juga mempertimbangkan aspek guru, materi, sarana prasarana, metode dan evaluasi. Program unggulan yang ditawarkan TK Al-Qur’an Wahdatul Ummah dalam mempersiapkan anak memasuki jenjang Sekolah Formal yaitu melalui menghafal baik bacaan do, shalat, surat-surat pendek dan mengenalkan angka huruf, membaca, menulis dan menghitung tetapi dengan cara yang menyenangkan melalui permainan dan nyanyian. Program-program TK Al-Qur’an Wahdatul Ummah dalam mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Formal sudah cukup efektif dan berhasil dengan baik.
PENILAIAN ASPEK PENGETAHUAN MELALUI JENIS PENILAIAN TES DI TK AL-FADHILLAH KABUPATEN SLEMAN DIY Raudhah Farah Dilla
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.781 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.13

Abstract

Tujuan dari pendidikan ada tiga yaitu ketercapaian pada aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Pengetahuan menjadi salah satu yang sangat penting dikarenakan, sikap positif akan terbentuk dari pengetahuan yang didapatkan dan diekspresikan kedalam bentuk unjuk kerja atau hasil karya peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana teknik penilaian tes terhadap aspek pengetahuan yang dilakukan oleh salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sleman DIY yaitu di TK Al-Fadhillah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi dari sumber seorang guru TK Al-Fadhillah. Hasil penelitian didapatkan bahwa penilaian yang dilakukan TK-Alfadhillah dalam aspek pengetahuan menggunakan hasil karya, catatan anek dot, skala lingkup perkembangan, dan percakapan. Pada jenis penilaian tes, tes lisan yang menjadi bentuk penilaian yang paling sering dilakukan dalam mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik. Tes lisan yang digunakan tidak hanya mendapatkan informasi mengenai aspek pengetahun, akan tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Hal ini dikarenakan setiap apa yang diungkapkan anak mencerminkan sejauh mana pengetahuan yang dimiliki oleh anak.
METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) Aulia Rahma
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.123 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.14

Abstract

Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah tantangan besar yang harus dihadapi pendidikan anak usia dini (PAUD) yaitu, bagaimana cara mendidik anak usia dini agar segala potensi yang ada dalam standar perkembangan anak usia dini dapat berkembang sebagaimana mestinya, yang mana perkembangan moral/karakter menjadi satu diantaranya dan menjadi urutan pertama yang harus dikembangkan. Adapun salah satu cara/metode harus dilakukan oleh pendidik yaitu menciptakan hubungan atau interaksi yang baik dengan anak. karena kualitas interaksi ini sangat mempengaruhi perkembangan karakter anak. Namun pada kenyataannya tidak sedikit interaksi yang terjadi antara pendidik dengan anak justru membuat anak tertekan. Hal ini dikarenakan penggunaan cara/metode yang salah, seperti (1) melarang anak menangis; (2) membeda-bedakan anak; (3) labeling pada anak, contoh “anak pemalas”; (3) terlalu sering melarang. Maka dari itu, penelitan ini akan kajian secara teorotis tentang metode pendidikan karakter anak usia dini. Hal ini bertujuan agar para pendidik baik itu orang tua maupun guru memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai metode dalam pendidikan karakter anak usia dini. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu penelitian yang yaitu jenis penelitian yang membatasi kegiatannya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa perlu melakukan riset lapangan. Dalam hal ini peneliti merujuk pasa pemikran Zakiah Daradjat dan Thomas Lickona yang merupakan tokoh penggagas pendidikan karakter. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran keduanya tentang metode pendidikan karakter anak usia dini yang kemudian akan dianalisis dengan membandingkan pemikiran keduanya. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Selanjutnya, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komparatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pemikiran metode pendidikan karakter anak usia dini Zakiah Darajat meliputi, (1) pembentukan karakter anak sebelum lahir yaitu, pembentukan karakter melalui pemilihan pasangan dan pembenutukan karakter anak dalam kandungan, (2) pembentukan karakter anak setelah lahir yaitu, melalui lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Adapun beberapa metode yang dikemukakan seperti membentuk karakter melalui contoh/teladan yang baik, pembinaan mental, mengadakan penyaringan terhadap kebudayaan asing, meningkatkan pendidikan agama, dan lain sebagainya. Sedangkan metode pembentukan karakter anak usia dini menurut Thomas Lickona terbagi dala tiga bagian yaitu: (1) metode pembentukan karakter anak dalam keluarga, seperti mengajarkan kepada anak dengan memberi contoh perilaku yang baik, menggunakan pengajaran langsung untuk membentuk hati nurani dan kebiasaan, mengajarkan keputusan yang baik, dan lain sebagainya; (2) metode pembentukan karakter anak dalam sekolah, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk mempraktikkan kebajikan, melibatkan seluruh komunitas sekolah dalam mendorong; karakter yang baik, membangun komunitas moral dalam kelas, dan lain sebagainya. (3) metode pembentukan karakter anak dalam masyarakat, seperti mengintegrasikan karakter dalam seluruh program komunitas yang ada di masyarakat, menciptakan kelompok kepemimpinan, adanya kebijakan dari pemerintah seperti, adanya cuti untuk para orang tua yang bertujuan agar terbentuknya ikatan batin atara orang tua dan anak, dan lain sebagainya. Pemikiran keduanya memiliki karakteristik masing-masing serta memiliki persamaan dan perbedaan. Namun, dengan adanya perbedaan corak pemikian dari keduanya bisa dikolaborasikan untuk melahirkan sebuah konsep baru yaitu tidak hanya menyiapkan generasi yang memiliki karakter baik, namun juga dilengkapi dengan karakter-karakter Islami.
ANALISIS EVALUASI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG Reiska Primanisa
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.757 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.15

Abstract

Berdasarkan hasil oservasi peneliti, didapatkan data bahwa di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung menggunakan evaluasi perkembangan sosial sesuai dengan sistem penilaian anak usia dini, selain itu banyak didapat catatansehari-hari anak di kelas.Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan analisis evaluasi perkembangan sosial di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Penilaian pada pendidikan anak usia dini merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi(data) dalam menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak 0-6 tahun.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis evaluasi perkembangan sosial anak dan apakah evaluasi perkembangan sosial anak kelompok A yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung sudah sesuai dengan sistem penilaian PAUD. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif kualitatif,objek penelitian ini adalah analisis evaluasi perkembangan sosial di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menganalisis hasil penelitian peneliti melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa evaluasi perkembangan sosial anak di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung sudah berhasil dilaksanakan. Hal ini terlihat pada saat guru mengklasifikasi kegiatan yang dilakukan, hasil penilaian harian, hasil karya yang dideskripsikan, dan catatan lainnya, kemudian peneliti mendokumentasikan, menganalisis dan menyimpulkan. Analisis evaluasi perkembangan sosial anak memerlukan waktu dan alat penilaian yang tepat untuk melakukan penilaian dan evaluasi.Dan adanya hubungan yang erat antara penilaian, evaluasi, dan kurikulum yang tepat bagi anak.
HARMONISASI POLA ASUH KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Lusi Marlisa
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.486 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.16

Abstract

Keberagaman dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini berbeda pada setiap individu. Pengalaman belajar yang disajikan kepada anak usia dini haruslah disesuaikan dengan keunikan masing masing individu, sehingga selama masa perkembangan anak mengalami peningkatan yang dinamis bukannya statis, ditopang dengan pola asuh orang tua dalam membentuk kesiapan dan kemampuan anak dalam mengolah emosi dan bersosialisasi dalam lingkungan masyarakat. Karena polemik yang dirasakan saat ini, terletak pada pola asuh dan sikap yang diambil orangtua saat mendidik anak. Sehingga yang terjadi adalah pola asuh orangtua memberi sumbangan kepribadian kepada anak ketika anak menjadi dewasa yang disebabkan oleh pilihan pilihan dan sikap orangtua selama mendidik anak.
MODEL PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK DI TKIP MUTIARA BATURETNO BANTUL YOGYAKARTA Annisa Nur Firdausyi
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.85 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i01.17

Abstract

Pada penelitian ini mengambil latar belakang TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta dalam Model Pendidikan Seks pada Anak yang mengacu pada beberapa perkembangan, nilai dan agama, fisik motorik, bahasa, soaial emosioanl dan seni. Dengan rumusan masalah Bagaiman Model pendidikan seks pada anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi dengan analisis data yang dapat memberikan makna untuk di ambil kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pendidikan seks pada anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pendidikan seks pada Anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta ada model pembelajaran tidak langsung, model pembelajaran pelatihan kesadaran (pembiasaan) , dan model pembelajaran diskusi, 2) Pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan seks pada anak adanya faktor-faktor dukungan dari seluruh komponen sekolah. Materi-materi pendidikan seks pada anak telah disesuaikan dengan 6 aspek perkembangan pada program kurikulum TKIP Mutiara. Tujuan pembelajarannya adalah untuk mengenal manusia ciptaan Allah .Strategi yang digunakan dalam pendidikan seksual pada anak dengan pembiasaan toilet training, yakni toilet di TKIP Mutiara sudah di setting dengan membedakan kamar mandi putra dan putri ada sendiri-sendiri atau dibuat terpisah.
EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL ISMARIA RAJABASA BANDAR LAMPUNG epi tamala
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 1 No 02 (2020): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.767 KB) | DOI: 10.24127/j-sanak.v1i02.126

Abstract

Bahasa merupakan salah satu aspek kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada jenjang pendidikan di Taman Kanak-kanak. Melalui bahasa anak dapat mengenal dan memahami dirinya, sesama, dan lingkungan hidupnya. Namun perkembangan bahasa anak di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung masih kurang atau belum berkembang dengan baik khususnya pada kelas B6. Maka metode tanya jawab merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung. Dengan demikian penulis merumuskan judul penelitian efektivitas metode tanya jawab dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana efektivitas metode tanya jawab dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode tanya jawab dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah metode tanya jawab yang telah diterapkan oleh guru dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung antara lain: Tahap persiapan tanya jawab, tahap awal tanya jawab, tahap pengembangan tanya jawab, tahap akhir tanya jawab. Dengan menerapkan langkah-langkah metode tanya jawab di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung maka perkembangan bahasa anak dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan hasil analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode tanya jawab telah dilakukan dengan langkah yang baik dan efektif dalam mengembangkan bahasa anak usia dini.

Page 1 of 4 | Total Record : 39