Voice Of Informatics
Vol 8, No 1 (2019)

Estimasi Harga Jual Mobil Bekas Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

Evi Dewi Sri Mulyani (STMIK Tasikmalaya)
Firham Mulady (STMIK Tasikmalaya)
Dendi Ramadhan (STMIK Tasikmalaya)
Ari Ariyantono (STMIK Tasikmalaya)
Dikri Ramdani (STMIK Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2019

Abstract

Meningkatnya jumlah produksi mobil baru dan munculnya berbagai model mobil baru berdampak dengan melimpahnya mobil bekas atau dengan sebutan mobil second, yang dapat membuat masyarakat tertarik menjadi pengusaha dalam bisnis jual beli mobil bekas. Dengan disertai pajak yang lebih terjangkau dan proses peralihan kepemilikan yang tidak sulit menjadikan bisnis ini menjadi lebih menjanjikan di masyarakat. Mobil bekas memiliki harga jual yang menurun secara periodik, jadi harga jual suatu mobil bekas pada tahun yang sedang berjalan lebih rendah dari harga Oleh karena itu estimasi harga jual mobil bekas sangat diperlukan dalam membantu pengusaha untuk membantu penjualan mobil bekas dengan harga jual secara periodik. Dengan membuat estimasi harga jual mobil bekas menggunakan metode regresi linier berganda ini berdasarkan variabel merk, harga beli, tahun keluar (tahun pembuatan atau tahun perakitan), dan kondisi mobil ini telah mampu menghasilkan nilai perkiraan harga jual mobil bekas secara periodik dan pengujian dari hasil estimasi dengan hasil real sebesar 2,65%.The increasing number of new car production and the emergence of various new car models have an impact with the abundance of used cars or as a second car, which can make people interested in becoming entrepreneurs in the business of buying and selling used cars. With a more affordable tax and a process of ownership transfer that is not difficult to make this business more promising in the community. Used cars have a selling price that decreases periodically, so the selling price of a used car in the current year is lower than the price. Therefore, the estimated selling price of used cars is very necessary in helping entrepreneurs to help sell used cars with periodic selling prices. By estimating the selling price of used cars using this multiple linear regression method based on brand variable, purchase price, year of exit (year of manufacture or year of assembly), and the condition of this car has been able to produce an estimated value of used car selling prices periodically and testing the estimated results with real results of 2.65%. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

voi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal VOI (Voice Of Informatics) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya, diterbitkan Bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Berisi hasil penelitian ilmiah di bidang informatika. Jurnal VOI ini bertujuan untuk menjembatani ...