JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK MELALUI STRATEGI BELAJAR JIGSAW DI KELAS VI

Suryani, Lelis (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan data nilai ujian mid semester 1 matematika kelas VI, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah standar.Dari itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SD Negeri 40 Kapuak Koto Panjang Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Meningkatnya motivasi belajar siswa ini berpengaruh kepada hasil ujian. Hasil ujian juga meningkat, dari setiap tindakan pada siklus I dan II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas VI SD Negeri 40 Kapuak Koto Panjang Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...