JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V

Purnamawati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, selain itu RPP yang dirancang guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match di kelas V SD Negeri 11 Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 16 orang siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I 82,95% (B), dan siklus II 95,45% (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,32% (B+) dan siklus II 94,44% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 83,32 % (B), dan siklus II 94,44 % (SB), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77 dan siklus II dengan rata-rata 88.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...