JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Pembelajaran Pbl Melalui Lesson Study Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sosiologi di STKIP PGRI Sumatera Barat

Hefni, Hefni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Salah satu visi, misi dan tanggung jawab sekolah/PT adalah Menjamin pembelajaran setiap peserta didik serta meningkatkan kualitas pembelajarannya, untuk mencapai visi dan misi ini, maka sekolah/PT perlu direformasi melalui pembentukan komunitas belajar (Learning community). Pembelajaran harus dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terkait hal ini maka salah satu perubahan yang bisa dilakukan adalah dengan membangun pembelajaran kolaboratif melalui sistem pembelajaran Lesson study for Leraning Comunity (LSLC), yaitu sebuah sistem pembelajaran yang menyediakan peluang untuk menuju pada kesuksesan praktek-praktek pembelajaran (technology for instruction), dimana siswa saling mengajar sesamanya, bahkan bukan tidak mungkin ada kalanya siswa mengajar gurunya juga. Pembelajaran kolaboratif memudahkan para siswa belajar dan bekerja sama, saling menyumbangkan pemikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara kelompok maupun individu. Inti pembelajaran kolaboratif adalah bahwa para siswa belajar dalam kekompok-kelompok kecil. Antar anggota kelompok saling belajar dan membelajarkan untuk mencapai tujuan bersama. keberhasilan kelompok adalah keberhasilan individu dan demikian pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan Problem Base Learning (PBL) dalam sistem pembelajaran Lesson Study For Learning Community (LSLC) di kelas. Tahapan metode penelitian ini terdiri dari 4 tahapan pada setiap siklus yaitu: (1). Plan (Perencanaan Pembelajaran), (2). Do (Pelaksanaan dan Pengamatan Pembelajaran), (3). See (Diskusi Pasca Pembelajaran) dan (4). Re-Design (Mendesain kembali pembelajaran hasil refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PBL melalui kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah sosiologi pendidikan di STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal ini dapat diamati pada setiap siklus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...