Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Strategi Hitung dalam Aktivitas Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan

Febriarsita Eka Sasmita (Universitas Negeri Surabaya)
Neni Mariana (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Strategi hitung merupakan salah satu aspek penting dari Matematika yang sangat bermanfaat untuk dipelajari oleh siswa. Pada penelitian ini, peneliti akan memaparkan hasil studi literatur terkait strategi hitung atau mental strategies yang muncul dalam aktivitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi hitung yang kerap kali muncul dan digunakan pada siswa di negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Belanda, Australia pada konsep operasi hitung penjumlahan adalah: strategi hitung counting all, strategi hitung counting on from first, strategi hitung counting on from larger,strategi hitung using doubles, strategi hitung skip counting, strategi hitung jumping, strategi hitung compensation, strategi hitung bridging through ten, strategi hitung splitting, dan strategi hitung pen and paper. Sedangkan strategi hitung yang muncul pada konsep operasi hitung pengurangan adalah: strategi hitung counting back, strategi hitung countingback , strategi hitung counting up,strategi hitung using doubles, strategi hitung skip counting, strategi hitung jumping, strategi hitung compensation, strategi hitung bridging through ten, strategi hitung splitting, dan strategi hitung pen and paper.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...