Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis
Vol 3 No 1 (2020)

Pemanfaatan Data Pemasaran Digital Dalam Penentuan Lokasi Geografis Terbaik Untuk Penempatan Iklan Produk

Tinton Ramadhan (Manajemen, Fakultas Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Jakarta, Indonesia)
Ika Suhartanti Darmo (Manajemen, Fakultas Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menggunakan data pemasaran digital yang diperoleh dari kampanye pemasaran iklan menggunakan “facebook ads” dalam menentukan lokasi geografis terbaik untuk penempatan iklan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen iklan dengan cara uji coba rancangan iklan produk yang menghasilkan data pemasaran digital. Data tersebut kemudian dianalisa dengan data penjualan pada periode iklan untuk mendapatkan lokasi geografis dengan performa terbaik yang dilihat dari wilayah yang menghasilkan penjualan terbanyak. Hasilnya dengan memfokuskan penempatan iklan pada wilayah yang menghasilkan penjualan terbanyak pada eksprerimen sebelumnya, persentase beban iklan dibandingkan pendapatan yang dihasilkan berhasil menurun dari 84% saat diatur penempatan-nya di seluruh Indonesia menjadi 47% di tingkat wilayah provinsi dengan penjualan terbanyak dan menurun lagi menjadi 31% saat di fokuskan di tingkat kota dengan penjualan terbanyak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMSAB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The focus of JMSAB are to promote strategic management and stimulate discussions, deliberations and debates on different management science strategies, principles, models, methodologies, techniques, applications in the field of business, commerce, industry, and ...