Jurnal Psikologi Sosial
Vol 19 No 2 (2021): Special Issue COVID-19

Panic buying pada pandemi COVID-19: Telaah literatur dari perspektif psikologi

Muhammad Abdan Shadiqi (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Rima Hariati (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Khaerullah Fadhli Arasy Hasan (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Noor I’anah (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Wita Al Istiqomah (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2020

Abstract

Pandemik COVID-19 memiliki berdampak pada kesehatan, sosial, ekonomi, hingga psikologis. Salah satu dampak dari COVID-19 adalah panic buying. Artikel ini bertujuan mengulas panic buying melalui perspektif psikologi. Kami melakukan telaah literatur panic buying pada riset-riset terkini baik pada kasus pandemik COVID-19 hingga pandemik serupa yang terjadi pada puluhan tahun silam. Pada bagian awal, artikel ini membandingkan definisi panic buying dengan istilah serupa, seperti buying frenzies, impulsive buying, dan compulsive buying. Kemudian, kami mengulas penjelasan psikologis di balik panic buying melalui perilaku konsumen, ketakutan dan kecemasan, stres, ketidakpastian, dan paparan media. Pada bagian terakhir, kami mengajukan beberapa solusi yang dapat dijadikan panduan kebijakan untuk mengatasi panic buying saat wabah pandemik terjadi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Psikologi Sosial (JPS) adalah sarana untuk mengembangkan psikologi sosial sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai ilmu terapan, melalui publikasi naskah-naskah ilmiah dalam bidang tersebut. JPS menerima naskah-naskah penelitian empiris kualitatif atau kuantitatif terkait dengan ilmu psikologi ...