Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2020): Jurnal Pendidikan

Peningkatan Kreativitas Belajar dalam Pembelajaran PKN Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMA UNIMUDA Sorong

Aldilla Yulia W.S (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong)
Ihsan Ihsan (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong)
Sri Rizki Handayani (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Lab School Arar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Lab School Arar yang berjumlah 16 orang dan objek penelitiannya adalah kreativitas belajar dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Indikator kreativitas belajar siswa, yaitu: 1) memiliki rasa ingin tahu yang besar, 2) memiliki kemandirian yang tinggi, 3) memiliki kesenangan dalam mengerjakan tugas yang sulit, 4) memiliki inisiatif, dan 5) berani menyatakan pendapat dan keyakinannya. Kriteria keberhasilan penelitian untuk kreativitas belajar adalah telah mencapai nilai KKM 75 dan ketuntasan kelas sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...