cover
Contact Name
Indri Anugrah Ramadhani
Contact Email
indianugrah18@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
indianugrah18@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 23377607     EISSN : 23377593     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 182 Documents
Efektivitas Inovasi Media Replika Metamorfosis dalam Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Fakum Ttatroman
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.798 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pada pembelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan hewan di sekolah SMP Negeri 2 Salawati dan SMP PGRI Salawati di Kabupaten Sorong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2013. Sampel yang digunakan adalah semua kelas VIII A 19 siswa dan VIII B 21 siswa pada sekolah SMP Negeri 2 Salawati dan siswa kelasVIII A 23 siswa dan kelas VIII C 17 siswa pada sekolah SMP PGRI Salawati. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil uji validitas di SMP N 2 Salawati diperoleh 0,596 dan di SMP PGRI Salawati diperoleh 0,490 menyatakan instrumen valid untuk digunakan sebagai alat uji. Uji reliabilitas di SMP N 2 Salawati diperoleh 0,747 dan di SMP PGRI Salawati diperoleh 0,658 menyatakan instrumen reliabel. Uji normalitas diperoleh hasil yang menyatakan data normal. hasil uji hipotesis pada sekolah SMP Negeri 2 Salawati dengan perhitungan nonparametrik diperoleh hasil yakni 0,033 < 0,05 yang berarti media replika metamorfosis efektif digunakan untuk pemebelajaran. Uji hipotesis dengan perhitungan nonparametrik pada sekolah SMP PGRI Salawati diperoleh 0,018 < 0,05 hasil penelitian disimpulkan bahwa media replika metamorfosis efektif digunakan untuk pembelajaran biologi dalam pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan hewan.
Profil Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran di Kabupaten Sorong Doni Sudibyo
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.024 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari informasi tentang sejauhmana kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dalam proses pembelajaran dan rofes-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatannya. Sampel di dalam penelitian ini adalah para guru dan kepala sekolah tingkat dasar dan menengah Muhammadiyah yang ada di kabupaten Sorong sebanyak 5 guru dan 5 Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner yang diisi oleh responden, Sedangkan metode analisis datanya adalah metode deskriptif kuantitatif, dimana penyajian data ditampilkan dalam bentuk rofe dan grafik. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya 54% guru yang kompeten untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sekolahnya dan hanya mencapai 58% kepala sekolah dalam kebijakannya berhasil mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sekolahnya Berdasarkan hasil ini, maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran.
Hubungan Kekuatan Lengan, Kekuatan Otot Perut, dan Kekuatan Otot Tungkai dengan Kemampuan Tolak Peluru pada Siswa Kelas IX Putra MTs. Negeri model Sorong Ansori Ansori
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.312 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru pada siswa kelas IX putra MTs. N. Model Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penilitian ini sebanyak 40 orang. Ada tiga variabel yang diteliti yaitu kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai sebagai variabel bebas dan kemampuan tolakan sebagai variabel terikat. Uji normalitas data yang digunakan dalam peneltian ini adalah shapiro Wilk, hasil uji normalitas menggunakan SPSS menunjukkan bahwa keempat variabel yaitu tiga variabel bebas (kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai) dan satu variabel terikat (kemampuan tolakan peluru). Hasil regresi menunjukkan bahwa hubungan antara kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru signifikan dengan nilai signifikansinya α5% (0,003 < 0,05). Karena signifikansi lebih kecil dari α5% maka Ho ditolak, ditolaknya Ho berarti terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru. Persamaan regresinya dapat ditulis :
Evaluasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri Wangunrejo Kabupaten Lamongan Yuni Maharini
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada tiga hal dari analisis berbagai kelompok dalam membahas mutu pendidikan di negeri ini. Pertama, menyangkut pemberdayaan guru. Memberdayakan guru untuk memiliki keterampilan untuk dapat mengubah paradigma pola pengajaran yang signifikan kualitas pendidikan diharapkan. Kedua, kesejahteraan guru masih jauh dari makmur akan sangat berpengaruh pada keseriusan karyanya. Ketiga, karena kurikulum yang tidak berharga, yang selalumengalami peningkatan. Untuk menjawab permasalahan diatas diperlukan suatu evaluasi kompetensi guru dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana kontrol kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik ini memeriksa validitas data ditentukan oleh kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas,andconfirmability. Data di lapangan umum bahwa menunjukkan bahwa aspek kompetensi profesional guru di SDN Wangunrejo dianggap cukup.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X L.A (Electricity) SMKN 3 Sorong Tahun Pelajaran 2014/2015 Pariaman Nababan
Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2016): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.721 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi Belajar Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika pada siswa kelas X L.A (Teknik Instalasi Tenga Listrik) SMK N 3 Sorong Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X L.A yang berjumlah 29 Siswa. Melalui penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction (Pengajaran Langsung), pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Berkaitan dengan hal tersebut hasil belajar siswa cenderung akan meningkat. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar praktek siswa pada mata pelajaran Menguasai Alat Ukur listrik dan Elektronika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada akhir siklus I didapat angka pencapaian nilai rata-rata sebesar 70,89 dengan daya serap (DS) 70,89% dan ketuntasan Belajar (KB) sebesar 56,6%. Sedangkan pada akhir siklus II angka pencapaian nilai rata-rata sebesar 82,76 dengan daya serap (DS) 82,76% dan ketuntasan Belajar (KB) sebesar 83,3%.Dengan jumlah skor respon siswa diperoleh sebesar 1339 sehingga skor rata-rata respon siswa sebesar 44, 63 dengan kategori fositif.
THE GAIN OF INFLECTIONAL MORPHEMES IN STUDENTS’ ESSAY AT THE THIRD SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM OF EDUCATION UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH SORONG Ari Wibowo
Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2016): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.827 KB)

Abstract

The objective of this research was to find out what types of inflectional morphemes the students had used. The data was analyzed through the following steps:(1) calculating the inflectional morphemes found in the students' essay (2) making the percentage of the presence of inflectional morphemes taken from the three types of writing task (3) compare the more dominant presence of the morphemes among the three types of writing task. This research is conducted for (4) writing meeting at the third semester of English Education Program. They use different number of inflections with different writing strategy. The finding about the best writing strategy and the strategy of acquiring inflection are expected to improve the students’ skill in writing. The result of meeting one (-s1=5, - s2=57, -s3=15, -ing1=33, -ed=6, -en=23,-est=2, -er=6) with total inflection is 146 with a percentage of 19.3; The result of meeting two (s1=3, -s2=115, -s3=5, -ing1=47, -ed=7, -en=13,-est=4, -er= 7) with total inflection is 201 with a percentage of 26.5; The conclusion is the appearance of the dominant inflection is the Plural inflection. From the result, the students can learn how to apply the morphemes in appropriate contexts and use of inflectional morphemes based on the contexts.
Efektivitas Inovasi Alat Peraga Gigi dari Kayu dalam Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia Azhari Ridho
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.152 KB)

Abstract

Penelitian inovasi alat peraga gigi dari kayu dilaksanakan dan diteliti dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi alat peraga gigi dari kayu dalam pembelajaran biologi pada pokok bahasan sistem pencernaa manusia. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan inovasi alat peraga gigi dari kayu. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas, SMP Negeri 8 Sorong, dan SMP IT Nurul Yaqin. Sampelnya adalah siswa kelas VIIIa 21 siswa dan VIIIb 19 siswa pada sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas, siswa kelas VIIIc 16 siswa dan VIIIa 16 siswa pada sekolah SMP Negeri 8 Sorong, dan siswa kelas VIIIa 19 siswa dan VIIIb 32 siswa pada sekolah SMP IT Nurul Yaqin. Data yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah tes tertulis, angket dan observasi. Hasil penelitian menyatakan sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas diperoleh nilai thitung = -3,657 sedangkan nilai ttabel = 2,0244. SMP Negeri 8 Sorong diperoleh nilai thitung = -1,494 sedangkan nilai ttabel = 2,0423. SMP IT Nurul Yaqin diperoleh nilai thitung = -2,493 sedangkan nilai ttabel = 2,0141. Dari ketiga sekolah dua diantaranya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel. Ini, berarti Ha diterima Ho ditolak atau hipotesis dinyatakan diterima.
Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya) Mokhamad Ishaq Tholani
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.196 KB)

Abstract

Pendidikan tidak dapat lepas dari aspek sosial, politik, ekonomi dan budaya, menganggap pendidikan sebagai sesuatu yang berdiri sendiri tanpa ada kaitannya dengan aspek sosial yang melingkupinya akan berakibat pada keterasingan pendidikan dalam realitas dunia nyata. Pendidikan yang merupakan salah satu sistem sosial, pada akhirnya juga mengalami dampak arus globalisasi. Beberapa dampak itu salah satunya terjadinya perubahan logika pendidikan. Sekolah, Perguruan Tinggi yang semula merupakan pelayanan publik, bergeser menuju privatisasi pendidikan yang berujung komersialisasi. Sebagai investasi jangka panjang dalam pembangunan, pendidikan harus menghindarkan dampak negatif yang ditimbulkan laju arus globalisasi. Yakni dengan menawarkan reparadigmatisasi pendidikan sebagai upaya preventif, dan harus menjadi tanggung jawab semua komponen anak bangsa di negeri ini. Hal tersebut dapat ditempuh dengan cara; Pertama, demokratisasi dan desentralisasi pendidikan yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan pemerintah daerah (otonomi daerah). Kedua, konsep kesetaraan dan keseimbangan. Artinya antara satuan pendidikan yang dikelola pemerintah dan yang dikelola masyarakat harus mempunyai hak sama dari pemerintah. Ketiga, peningkatan kesejahteraan dan kualitas pengajar atau guru. Keempat, meningkatkan komitmen pemerintah untuk tetap ambil bagian penting dalam dunia pendidikan.
Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lok. al Materi HIV/AIDS terhadap Perilaku Seks Siswa SMP Di kota sorong Miftahudin Miftahudin
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.452 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan muatan lokal materi HIV/AIDS di sekolah terhadap perilaku seks siswa SMP di Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian epidemiologi dengan pendekatan observasional serta metode yang digunakan rancangan cross-sectional dengan uji Chi-Square. Populasi siswa SMP kelas VIII dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil penelitian menemukan tidak ada pengaruh materi HIV/AIDS terhadap pengetahuan (p=0,146), ada pengaruh materi HIV/AIDS terhadap sikap (p=0,016), tidak ada pengaruh penerapan metode mengajar terhadap pengetahuan HIV/AIDS (0,246), ada pengaruh penerapan metode mengajar terhadap sikap (p=0,013), ada pengaruh pengetahuan terhadap perilaku seks (p=0,024) dan ada pengaruh sikap terhadap perilaku (0,001). Sehingga disarankan kepada guru yang mengajar muatan lokal HIV/AIDS agar mengembangkan materi dan isi pembelajaran HIV/AIDS.
Efektifitas Media Charta Hasil Inovasi Berbasis Lampu Digital pada Pelajaran Biologi Materi Sistim Organ Manusia Masna Suman; Aung Sumbono
Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.883 KB)

Abstract

Media carta berbasis lampu digital telah diteliti penerapannya pada sekolah MTs Negeri Mariai, SMP Negeri 11 Aimas dan MTs Al-Ma’arif 01 Aimas tanggal 8 bulan 4 tahun 2013 untuk mengetahui efektifitas dari media pelajaran pada mata pelajaran biologi pokok pembahasan sistem organ pada manusia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang sistematik. Sampel dibedakan menjadi satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen tiap-tiap sekolah. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, angket siswa, observasi teman sejawat dan dokumentasi. Uji analisis diberlakukan untuk menghitung validilitas, normalitas dan reabilitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai validitas yakni instrumen tes tertulis secara umum dapat dinyatakan valid. Uji reabilitas diperoleh 0,713 yang menandakan bahwa reabil, sedangkan uji normalitas diperoleh 0,079 sampai 0,777 yang menandakan data hasil tes normal. Hasil analisis uji t diperoleh untuk sekolah MTs Negeri Mariai t hitung yakni 5,74992 dan t tabel yakni 2,01365 maka dinyatakan efektif. Hasil di sekolah SMP Negeri 11 Aimas diperoleh t hitung yakni 6.67707, t tabel yakni 2,0042 maka dinyatakan efektif , sedang di sekolah MTs Al-Ma’arif 01diperoleh t hitung yakni 0.07084 t tabel yakni 2,0313 maka dapat dinyatakan tidak efektif.

Page 1 of 19 | Total Record : 182