Jurnal Literasiologi
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1. A SDN 03/IX SENAUNG

Husniatun Husniatun (SDN 03/IX Senaung)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan peneliti banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1. A SDN 03/IX Senaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I.A semester ganjil (satu) tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai Nopember 2019. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan mengunakan instrument observasi, lembar ovservasi, pengamatan, tes dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan reduksi data dan persentasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui metode Kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I (42%) dan Siklus II (87,5%).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...